PENGARUH SIKAP BELAJAR MATEMATIKA SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 KOTA JAMBI

ENI RAMADHANI, ENI (2018) PENGARUH SIKAP BELAJAR MATEMATIKA SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
ENI RAMADHANI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Sikap belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kota jambi. Dalam proses pembelajarannya guru tidak terlalu memperhatikan pola tingkah laku siswa sehingga dalam penyampaian materi pada siswa tidak optimal. Banyak cara yang perlu digunakan oleh guru untuk dapat menarik perhatian siswa saat proses pembelajaran sehingga materi pelajaran bisa tersampaikan dan pembelajaran lebih aktif. Salah satunya guru dapat mengetahui atau mengenal sikap belajar matematika siswanya sehingga guru tidak sulit untuk menentukan pola pengajaran yang sesuai dengan sikap belajar siswa tersebut. Yang secara teoritis mempengaruhi kemampuan pemahan konsep matematis yang perlu diteliti secara sistematis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan uji regresi yang bertujuan untuk mengukur pengaruh yang signifikan antara sikap belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah keseluruhan 345 orang yang terbagi 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 129 orang terbagi 3 kelas yang diambil secara random sampling (teknik acak).Instrumen penelitian ini adalah angket tes kepribadian dan tes uraian. rata ̂ t tabel Hasil penelitian diperoleh hasil analisis regresi linear sederhananya rata- . Berdasarkan hasil analisa uji t diperoleh nilai t (5,818 ) sehingga Ho ditolak, Ha diterima, serta sumbangan variabel sikap belajar matematika siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebesar 21,04% dan sisanya 78,96 % ditentukan oleh variabel lain yang tidak di teliti. Kemudian ditunjukkan dari hasil analisa uji F diperoleh nilai F F tabel. Yaitu; (33,85 sehingga H 0 ditolak dan H diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan. Dari semua perhitungan yang dilakukan terbukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap belajar matematika siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository@unbari.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2020 13:02
Last Modified: 25 Jul 2020 13:02
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/104

Actions (login required)

View Item View Item