PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 9 KOTA JAMBI

ENDAH FITRIA, ENDAH (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 9 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
ENDAH FITRIA.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam penyusunan LKS yang sedang digunakan di SMA Negeri 9 Kota Jambi. LKS merupakan bahan ajar yang juga berperan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Penyusunan LKS yang tepat dan sesuai dengan kurikulum yang digunakan diharapkan dapat mencapai tujuan pembelajaran, sehingga diperlukan kegiatan pengembangan LKS secara terus-menerus. Adapun Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKS berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi sistem persamaan linear tiga variabel yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian pengembangan ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan model pengembangan ADDIE terdiri dari analysis (analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (Evaluasi). Instrumen penelitian terdiri dari Angket dan soal. Angket terdiri dari lembar penilaian validasi oleh ahli materi, lembar penilaian validasi oleh ahli desain, lembar penilaian validasi oleh ahli media, lembar evaluasi uji coba perorangan, lembar evaluasi uji coba kelompok kecil , dan lembar evaluasi uji coba lapangan. sedangkan instrumen soal terdiri dari soal pre-test dan soal post-test. LKS yang dikembangkan, kemudian divalidasi oleh validator. Hasil validasi didapat LKS yang valid dengan revisi berdasarkan saran dan komentar validator. Validitas tergambar dari presentase penilaian ahli materi, ahli desain dan ahli media berturut-turut yaitu 82,61% dalam kategori “sangat valid”, 76,16 % dalam kategori “valid”, 90% dalam kategori “sangat valid”. Kemudian LKS di ujicobakan ke dalam tiga tahap yaitu uji coba perorangan dengan 3 siswa berkemampuan tinggi sedang dan rendah, uji coba kelompok kecil dengan 6 orang siswa, dan uji coba lapangan yang dilakukan pada kelas sesungguhnya yaitu kelas X MIA 2 dengan 34 siswa. Dilihat dari perbandingan nilai pre-test dan post-test didapat t hitung sebesar 15,37 dan t tabel sebesar 2,03 maka t > t yang dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil validasi, uji coba dan tes hasil belajar maka didapat hasil penelitian yang menunjukkan kelayakan LKS dengan pendekatan CTL tergolong dalam kategori valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository@unbari.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2020 13:04
Last Modified: 25 Jul 2020 13:04
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/105

Actions (login required)

View Item View Item