PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI HIMPUNAN SISWA KELAS VII SMPN 10 MUARA BUNGO

KHAIRUL NISA, KHAIRUL (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI HIMPUNAN SISWA KELAS VII SMPN 10 MUARA BUNGO. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
KHAIRUL NISA.pdf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau dalam bahasa inggris disebut Research and Development (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan LKS berbasis Problem Based Learning (LKS) pada materi himpunan. Selain itu juga melihat kualitas LKS yang dikembangkan dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini mengikuti langkah-langkah dari model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap pengembangan yaitu: analisis (analysis), Pengembangan (develompment), implementasi (implement) dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP N 10 Muara Bungo. Instrumen penelitian pada pengembangan ini berupa angket dan soal. Angket terdiri dari lembar validasi oleh 3 orang ahli, yaitu ahli materi, ahli desain, dan ahli media serta angket uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Sedangkan instrumen berbentuk soal terdiri dari soal pretest dan post-test. Setelah LKS ini dikembangkan, LKS divalidasi oleh 3 orang validator. Persentase hasil yang diperoleh setelah validasi adalah: untuk penilaian ahli materi sebesar 81,8% dengan kategori “sangat valid”, ahli desain sebesar 77,8% dengan kategori “valid” dan ahli media 87,7% dengan kategori “sangat valid. Kemudian LKS di uji cobakan, presentase hasil uji coba yang diperoleh adalah: uji coba perorangan sebesar 82,5% dengan kategori “sangat praktis”, uji coba kelompok kecil sebesar 89,7% dengan kategori “sangat praktis” dan uji coba lapangan sebesar 83,7% dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya untuk menilai keefektifan LKS dilihat dari hasil pre-test dan post-test yang dilakukan oleh siswa, kemudian dihitung menggunakan perhitungan statistik uji-t, diperoleh t hitung sebesar 9,24 dan t tabel sebesar 2,03, karna t hitung >t maka dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan efektif. Berdasarkan uraian diatas maka didapat hasil penelitian pengembangan LKS berbasis PBL dikategorikan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository@unbari.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2020 13:14
Last Modified: 25 Jul 2020 13:14
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/107

Actions (login required)

View Item View Item