PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI TA. 2020-2021

NANDA WISNU PRANOTO, NANDA WISNU PRANOTO (2021) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI TA. 2020-2021. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
sekripsi nanda wisnu p fkip sejarah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Krisdayani, 2021.Skripsi.“ Problematika Pembelajaran Daring di SMA Negeri 3 Kota Jambi TA. 2020/2021”. Dosen pembimbing I: Satriyo Pamungkas, S.Pd.,M.Pd; Dosen pembimbing II: Fery Yanto, S.Pd.,M.Hum. Penelitian ini berawal dari adanya kebijakan yang dikelaurkan oleh Kemendikbud untuk melaksanakan proses pembelajaran dari rumah dengan memanfaatkan teknologi dan jarigan internet (pembelajaran daring). Kebijakan yang secara tiba-tiba sebagai upaya pencegahan penularan virus corona tersebut mengejutkan beberapa pihak, terutama sekolah, guru, dan siswa sehingga dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan secara daring memunculkan permasalahan dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui permasalahan yang muncul pada proses pembelajaran daring pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 3 Kota Jambi, 2) mengetahui solusi yang diambil oleh pihak sekolah dan guru dalam mengatasi permasalahan yang ada pada proses pembelajaran daring pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Peneliti menerapkan metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, display data, mengambil kesimpulaan atau verifikasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa adanya problematika dalam proses pembelajaran sejarah secara daring, baik yang dikarenakan oleh sekolah, guru, dan siswa. Solusi yang diambil untuk mengatasi permasalahan tersebut pihak sekolah melakukan kerjasama pada orang tua siswa, guru, dan pihak terkait. Selanjutnya guru mengambil kebijakan dengan menggunakan aplikasi pembelajaran yang tidak banyak memakan kuota data internet. Sementara siswa melakukan sumbangan untuk membantu bagi siswa yang kurang mampu dalam perekonomian di keluarganya sehingga proses pembelajaran dapat berjalan sebagai upaya mencapai kopetensi yang telah ditetapkan di dalam kurikulum. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran Sejarah, SMA N 3 Kota Jambi.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 14 Feb 2022 02:52
Last Modified: 14 Feb 2022 02:52
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/1086

Actions (login required)

View Item View Item