PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA YANG DIBELAJARKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARANMEANS ENDS ANALYSIS (MEA) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS XI MIA SMA N 11 KOTA JAMBI

GRASELA S, GRASELA (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA YANG DIBELAJARKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARANMEANS ENDS ANALYSIS (MEA) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS XI MIA SMA N 11 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
Grasella S.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa. Hal ini disebabkan oleh siswa yang menghabiskan waktunya untuk menghafal pelajaran tanpa mengerti maksudnya. Selain itu proses belajar mengajar di kelas masih cenderung terpusat pada guru dimana guru berperan sebagai pemberi informasi dan siswa sebagai penerima informasi. Maka guru menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, mengarahkan siswa berfikir secara logis, serta menumbuhkan dan mengembangkan motivasi belajar siswa terhadap pelajaran matematika Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental-semu (quasy experimental resech). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA N 11 Kota Jambi Tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling sedangkan sampel penelitian yang terambil adalah kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 dimana dua kelas sampel ini diberikan perlakuan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Means Ends Analysis lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan model pembelajaran langsung pada siswa kelas XI MIA SMA N 11 Kota Jambi pokok bahasan Barisan dan Deret Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Dari hasil penelitian yang dilakukan nilai rata-rata untuk kelas Eksperimen adalah 77,43 dengan simpangan baku 10,14 dan kelas kontrol rata-ratanya adalah 71,67 dengan simpangan baku 10,54. Serta dari hasil uji Hipotesisnya diperoleh t hitung sebesar 2,41 dan sebesar 1,67 pada taraf nyata 0,05. Dari hasil perhitungan itu terlihat bahwa t hitung > t tabel maka H diterima. Berdasarkan hasil akhir dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan Model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) lebih baik dari pada siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Langsung pada siswa kelas XI MIA SMA N 11 Kota Jambi.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository@unbari.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2020 15:13
Last Modified: 25 Jul 2020 15:13
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/111

Actions (login required)

View Item View Item