PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 8 KOTA JAMBI SAAT COVID-19

DEWI NOWITA SARI, DEWI NOWITA SARI (2022) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 8 KOTA JAMBI SAAT COVID-19. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
DEWI NOWITASARI BARU.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sari, Dewi Nowita (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ekonomi Di SMAN 8 Kota Jambi Saat Pandemi Covid-19. Skripsi, 2022. Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri, dan Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa, (2) menjelaskan pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, serta (3) menjelaskan pengaruh dari lingkungan keluarga dan efikasi diri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII di SMAN 8 Kota Jambi saat Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa/siswi kelas XII SMAN 8 Kota Jambi, dan sampel penelitian ini berjumlah 176 orang siswa/siswi. 30 siswa/siswi sebagai sampel eksperimen dan 146 siswa/siswi sebagai kelas control. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa penyebaran angket dengan item pada variable lingkungan keluarga terdapat 23 pernyataan dan efikasi diri 21 penyataan. Berdasarkan dari pengolahan data, variable lingkungan keluarga tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan nilai uji t lebih kecil dari nilai t tabel yaitu sebesar 0,921 ≤ 1,976. Sedangkan hasil dari pengolahan data efikasi diri juga tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dengan hasil uji t ≤ t tabel , yaitu sebesar -0,544 ≤ 1,976. Karena t hitung yang diperoleh lebih kecil dari t tabel maka tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari lingkungan keluarga dan efikasi diri terhadap hasil belajar. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XII di SMAN 8 Kota Jambi tidak dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan efikasi diri. Berdasarkan hasil pengolahan data angket, diketahui bahwa lingkungan keluarga dan efikasi diri tidak mempengaruhi hasil belajar siswa dalam memperoleh hasil belajar yang baik ataupun buruk.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 07 Apr 2022 04:13
Last Modified: 07 Apr 2022 04:13
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/1143

Actions (login required)

View Item View Item