Dwi Septiany, Dwi Septiany (2022) ANALISA KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH PADA PENINGKATAN DISIPLIN SISWA DI SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas batanghri.
Text
Dwi Septiany NPM. 1800887203008.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Dwi Septiany. 2021. “Analisa Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Pada Peningkatan Disiplin Siswa Di SMA Negeri 1 Kota Jambi”. Pembimbing Skripsi I: Pratiwi Indah Sari, S.Pd, M.M, M.Pd.E. Pembimbing Skripsi II: Redi Indra Yudha, S.Pd, M.Pd.E Kata Kunci: Keteramilan, Manajerial, Disiplin, Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses keterampilan manajerial kepala sekolah, 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat keterampilan manajerial, 3) Mengetahui hasil pemanajerial kepala sekolah pada peningkatan disiplin siswa di SMA Negeri 1 Kota Jambi, 4) Mengetahui faktor penyebab siswa melakukan pelanggaran terhadap peraturan yang di terapkan di sekolah SMA Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif, dengan teknik pengolahan data yang digunakan, yaitu: keabsahan data, pengecekan dan prosedur triangulasi. Adapun objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Kota Jambi. Adapun triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: pertama, penegecekan kriteria kepercayaan penemuan hasil penelitian beberapa teknik pengumpulan data, dan kedua pengecekan kriteria kepercayaan beberapa sumber data dengan metode yang ada. Hasil penelitian dan pembahasan yang di dapat dalam penelitian ini yaitu: 1.) Keterampilan manajerial kepala sekolah dalam peningkatan disiplin siswa dilakukan dengan cara meningkatkan evaluasi dan peran serta guru dalam menindaklanjuti pelanggaran yang dialkukan siswa. 2.) Faktor pendungkung dan penghambat dalam keterampilan manajerial yaitu: faktor pendukung dipengaruhi oleh adanya peran serta dari guru dan staf sedangkan faktor penghambat disebabkan oleh tidak semua guru dan staf mendukung keputusan yang di buat oleh kepala sekolah serta kurangnya kerja sama antara guru dan stafnya. 3.) Hasil dari proses keterampilan manajerial kepala sekolah pada peningkatan disiplin siswa, dapat dilihat dari bagaimana seorang kepala sekolah mengatasi dan memberdayakan sumber daya yang ada di sekolah. 4.) Faktor siswa melakukan pelanggaran dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu: Pertama faktor eksternal faktor yang berasal dari luar diri individu, seperti lingkungan masyarakat, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah. Kedua faktor internal 7 yang berasal dari dalam diri individu, faktor internal dipegaruhi berdasarkan pola pikir dan dorongan dari siswa itu sendiri.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Admin Repo |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 03:34 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 03:34 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/1259 |
Actions (login required)
View Item |