PEMANFAATAN KONTEN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PEMAHAMAN PADA MATA KULIAH SEJARAH INDONESIA ABAD 18-19 M FKIP SEJARAH UNIVERSITAS BATANGHARI

Frilly Oktapiani Afroza, Frilly Oktapiani Afroza (2022) PEMANFAATAN KONTEN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PEMAHAMAN PADA MATA KULIAH SEJARAH INDONESIA ABAD 18-19 M FKIP SEJARAH UNIVERSITAS BATANGHARI. skripsi thesis, Universitas batanghri.

[img] Text
Frilly Oktapiani Afroza FKIP SEJARAH ( 1700887201005).pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Oktapiani Afroza, Frilly. 2022. Skripsi. Pemanfaatan konten youtube sebagai media pembelajaran untuk pemahaman pada mata kuliah sejarah indoensia abad 18-19M FKIP sejarah Universitas Batanghari Penelitian dilakukan karena tertarik melihat dunia pendidikan yang terus mengalami perkembangan pesat yang mana di era ini pendidik dituntut harus lebih kreatif untuk menunjang belajar mengajar Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan zaman. Penerapan teknologi didalam kegiatan pembelajaran ditandai dengan hadirnya e-learning yang dengan semua variasi tingkatannya telah memfasilitasi perubahan dalam pembelajaran yang disampaikan melalui semua media elektronik yang sering dilakukan oleh dosen yaitu mengkombinasikan alat teknologi dalam proses pembelajaran. Media youtube dapat dimanfaatkan sebagai teknologi pendukung kegiatan pembelajaran, youtube juga membantu efisiensi peran dosen mengingat adanya video pembelajaran dapat mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Sejarah sebagai salah satu ilmu pengetahuan yang telah mapan baik filosofis maupun ideologis menunjukan perkembangan yang baik terus berjalan secara progresif. Kesadaran manusia tentang pentingnya masa lalu itu ditulis agar lebih berarti dan bermakna. Penelitian ini memaparkan penggunaan video dari youtube sebagai media pembelajaran mata kuliah sejarah abad 18-19M untuk meningkatkan kreatifitas dosen sejarah di prodi ilmu pendidikan sejarah Universitas Batanghari serta membuat pemahaman bagi mahasiswa, penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil dari penelitian dapat merangsang kreatifitas, minat dan motivasi dosen lainnya. Selain itu melalui media tersebut, pengetahuan mahasiswa, penyusunan bahan ajar, pemilihan materi, cara penyampaian dosen mengalami kemajuan. Menggunakan video dari youtube sebagai media secara tidak langsung meningkatkan minat belajar diantara mereka, dalam hal pencarian ide dan materi sehingga m

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 27 Sep 2022 02:50
Last Modified: 27 Sep 2022 02:50
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/1284

Actions (login required)

View Item View Item