PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA INCUNG BERBASIS MICROSOFT POWER POINT INTERAKTIF KELAS IV SD DI KABUPATEN KERINCI

Lego, Lego (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA INCUNG BERBASIS MICROSOFT POWER POINT INTERAKTIF KELAS IV SD DI KABUPATEN KERINCI. skripsi thesis, Universitas batanghri.

[img] Text
LEGO.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Lego. 2022. Skripsi. Pengembangan Media Pembelajaran Aksara Incung Berbasis Microsoft Power Point Interaktif Kelas IV SD di Kabupaten Kerinci. Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Batanghari. Pembimbing I: Satriyo Pamungkas, S.Pd.,M.Pd Pembimbing II: Deki Syaputra ZE., M.Hum Tujuan penelitian pengembangan ini adalah Untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran aksara incung pada kelas IV SD Kabupaten Kerinsi. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu tahap Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 139/III di Kabupaten Kerinci. Pada tahap pengembangan peneliti mengimplementasikan rancangan ke dalam aplikasi Microsoft Powerpoint dan dilanjutkan dengan proses penilaian oleh tim ahli. Tahap implementasi peneliti menerapkan produk media kedalam proses pembelajaran muatan lokal Aksara Incung di kelas IV SDN 139/III Kabupaten Kerinci sebanyak tiga tahap yaitu tahap one to one, small group, dan field test. Pada tahap one t o one memperoleh nilai 58,84 kategori “Cukup”, pada tahap small group memperoleh nilai 72,45 kategori “Cukup”, dan pada tahap field test memperoleh nilai 95,14 kategori “Sangat Baik”. Tahap terakhir berupa evaluasi, peneliti mencoba kembali melakukan analisis dari tahap pertama sampai tahap ke empat. Maka, dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran Aksara Incung yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan ini dapat dikategorikan “layak” untuk digunakan. Kata Kunci : media interaktif, power point, aksara incung

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:40
Last Modified: 28 Sep 2022 03:40
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/1327

Actions (login required)

View Item View Item