RAJA ANJAS WIJAYA, RAJA ANJAS WIJAYA (2022) Peran Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Dana Desa Untuk Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Lubuk Terap Kecamatan Merlung Kabupaten Tanjab Barat. skripsi thesis, Universitas batanghri.
Text
RAJA ANJAS WIJAYA.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Dana Desa Untuk Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Lubuk Terap Kecamatan Merlung Kabupaten Tanjab Barat. Teknik pengumpulan data digunakan dengan cara kualitatif dalam bentuk deskriftif yuridis, yang saling melengkapi dalam menggambarkan permasalahan yang diteliti. Penelitian ini merupakan tipe penelitian yuridis empiris, yang difokuskan untuk mengkaji peran pemerintah desa dalam pengelolaan dana desa di Desa Lubuk Terap Kecamatan Merlung Kabupaten Tanjab Barat. Rumusan masalah dalam penulisan kali ini adalah mencari tahu peran dan kendala yang dihadapi oleh Pemerintah Desa Lubuk Terap dalam pengolaan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat. Hasil penelitian menunjukan peran dari pemerentah desa sangat penting dalam pengelolaan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat, dalam hal ini Pemerintah Desa Lubuk Terap sudah cukup baik dalam pengelolaan dana desa untuk pemberdayaan, dengan menjalankan kegiatan seperti Pelatihan Perangkat Desa, Pelatihan Menjahit, Pelatihan Adat Melayu Jambi, dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Karena bersentuhan dengan masyarakat, tentu ada begitu banyak persoalan saat menjalankan program ini. Terdapat beberapa hambatan yang menyebabkan pelaksanaan strategi pemberdayaan masyarakat masih belum optimal, diantaranya yaitu: Dana yang sedikit, Sumber daya manusi (SDM), dan Pola pikir masyarakat. Kata kunci : Pemerintah Desa, Dana Desa, Pemmberdayaan Masyarakat
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | Mr Admin Repo |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 03:13 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 03:13 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/1511 |
Actions (login required)
View Item |