MUSEUM GENTALA ARASY SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH ISLAM DI JAMBI PADA SISWA SMK NEGERI 4 KOTA JAMBI

Dea Octafiany, Dea Octafiany (2022) MUSEUM GENTALA ARASY SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH ISLAM DI JAMBI PADA SISWA SMK NEGERI 4 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
SKRIPSI DEA FULL.pdf

Download (773kB)

Abstract

ABSTRAK Octaviany, Dea. 2018. Skripsi. Museum Gentala Arasy sebagai Sumber Belajar Sejarah Islam di Jambi pada Siswa SMK Negeri 4 Kota Jambi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Batanghari. Pembimbing I: Satriyo Pamungkas, S.Pd.,M.Pd Pembimbing II: Ferry Yanto, S.Pd, M.Hum Kata Kunci : museum Gentala Arasy, sumber belajar, pembelajaran sejarah Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui koleksi benda-benda yang ada di Museum Gentala Arasy dan menjelaskan pemanfaatan museum gentala Arasy dalam pembelajaran Sejarah Islam di Jambi. Metode penelitian yang akan digunakan untuk mengkaji Museum Gentala Arasy sebagai sumber belajar sejarah Islam di Jambi adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa museum Gentala Arasy memiliki benda-benda koleksi peninggalan dari kebudayaan Islam yang ada di Kota Jambi. Bendabenda tersebut diperoleh dari berbagai daerah Jambi dengan cara menggantinya ataupun dihibahkan oleh pemiliknya untuk dijadikan koleksi museum. Proses pembelajaran sejarah di SMK N 4 Kota Jambi, guru lebih banyak menggunakan viii metode ceramah dan tanya jawab dimana siswa lebih banyak diajak berdialog dengan guru mengenai materi yang diajarkan tanpa siswa memahami objek yang dipelajari. Disamping metode, dalam pembelajaran sejarah juga diperlukan media yang beragam. Dalam pokok bahasan Perkembangan Islam di Nusantara beserta peninggalannya, materi dihubungkan dengan perkembangan Islam di Jambi dengan cara siswa berkunjung ke Museum untuk mempelajari berbagai macam koleksi benda yang ada. Dari hasil angket siswa tentang kelayakan museum Gentala Arasy sebagai sumber belajar dapat di kategorikan tinggi ratarata 77,14% siswa menyatakan museum Gentala Arasy layak menjadi sumber belajar sejarah.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 05 Nov 2022 02:45
Last Modified: 05 Nov 2022 02:45
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/1626

Actions (login required)

View Item View Item