PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI

DEPRI YASINIA, DEPRI YASINIA (2022) PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
SKRIPSI DEPRI YASINIA.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Yasinia, Depri. 2022 Skripsi. Pengaruh Tingkat Pendapatan Orang Tua Dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII IPS Di Sma Negeri 1 Muaro Jambi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Batanghari. Pembimbing I. LIli Andriani, S.Pd. MM. Pembimbing II Dr. H. Abdoel Gafar, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh terhadap pendapatan orang tua terhadap minat Siswa Kelas XII IPS Di Sma Negeri 1 Muaro Jambi untuk melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi, (2) Pengaruh prestasi belajar terhadap minat Siswa Kelas XII IPS Di Sma Negeri 1 Muaro Jambi untuk melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi, (3) ) pengaruh terhadap pendapatan orang tua dan Prestasi Belajar dalam minat Siswa Kelas XII IPS Di Sma Negeri 1 Muaro Jambi untuk melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan metode penelitian deskriptif dengan dua variable bebas dan satu variable terikat. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 59 orang. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini rendem sampling dengan cara menetapkan perkelas dalam penelitian ini. Tehnik pengumpulan data dalam metode ini adalah dengan menyebarkan angket kepada responden penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendapatan orang tua t hitung lebih kecil dari t tabel (1,734 < 2.280), artinya tidak ada pengaruh signifikan antara Pendapatan Orang Tua dengan Niat Melanjutkan Pendidikan. dapat disimpulkan bahwa secara parsial Pendapatan Orang Tua tidak berpengaruh terhadap Niat Melanjutkan Pendidikan. T tabel (5,687 > 2.280), artinya secara parsial ada pengaruh signifikan antara Prestasi Belajar (X2) dengan Niat Melanjutkan Pendidikan(Y). Jadi dari kasus ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial Prestasi Belajar (X2) berpengaruh positif terhadap Niat Melanjutkan Pendidikan(Y)

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 05 Nov 2022 03:15
Last Modified: 05 Nov 2022 03:15
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/1633

Actions (login required)

View Item View Item