TANGGUNG JAWAB JASA PENGIRIMAN TERHADAP BARANG PESANAN KONSUMEN (STUDI KASUS PT. INDAH CARGO JAMBI)

ANDRI AHMAD, ANDRI AHMAD (2022) TANGGUNG JAWAB JASA PENGIRIMAN TERHADAP BARANG PESANAN KONSUMEN (STUDI KASUS PT. INDAH CARGO JAMBI). skripsi thesis, Uniiversitas Batanghari.

[img] Text
SKRIPSI INDAH CARGO FULL VERSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penulis melakukan penelitian Tanggung Jawab Jasa Pengiriman Terhadap Barang Pesanan Konsumen (Studi Kasus: PT. Indah Cargo Jambi) dengan rumusan masalah sebagai berikut : 1. Apa saja yang menjadi penyebab terjadinya kerusakan dan kehilangan barang milik konsumen melalui jasa pengiriman PT. Indah Cargo Jambi. 2. Bagaimana tanggung jawab PT. Indah Cargo Jambi atas kehilangan atau kerusakan barang milik konsumen. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah yuridis empiris yaitu penelitian hukum yang menggunakan fakta-fakta yang sesungguhnya, yang diambil dari perilaku manusia, baik perilaku verbal yang di dapat dari wawancara maupun perilaku nyata yang dilakukan melalui pengamatan langsung. Hasil penelitian bahwa PT. Indah Cargo Jambi adalah perusahaan yang bergerak di bidang usaha jasa angkutan barang, serta melayani pengiriman barang dan dokumen ke luar negeri. ada beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya kerusakan dan kehilangan barang : 1. kerusakan barang bisa disebabkan oleh barang-barang lainnya yang berada dalam satu box container pada truk (internal). 2. kelalaian, terjadi dikarenakan kondisi dari kelalaian pengirim itu sendir i (eksternal). tanggung jawab yang akan dilakukan oleh PT. Indah Cargo Jambi terjadi kerusakan adalah dengan menanggung penggantian kemasan barang yang dikirim apabila pihak pengirim tidak mau mengganti kemasan barang yang rusak setelah mendapat konfirmasi kerusakan tersebut dari pihak ekspedisi, dan Apabila barang milik konsumen rusak dan hilang selama proses pengiriman barang maka pihak PT Indah Cargo Jambi akan mengganti secara penuh sebesar nilai barang yang rusak atau hilang tersebut. Kata kunci : Tanggung jawab, jasa pengiriman, konsumen

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 12 Nov 2022 03:25
Last Modified: 12 Nov 2022 03:25
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/1701

Actions (login required)

View Item View Item