NATALIA ROHANI, NATALIA ROHANI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.
Text
SKRIPSI NATALIA ROHANI FKIP SEJARAH 2022.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Natalia Rohani 2022. Skripsi. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XII Di Sma Negeri 8 Kota Jambi. Pembimbing I: Satriyo Pamungkas, S.Pd., M.Pd . Pembimbing II: Fery Yanto, S.Pd., M.Hum. Kata Kunci : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media sosial terhadap motivasi belajar Sejarah siswa kelas XII SMA N 8 Kota Jambi. Manfaat teoristis Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang media sosial dan lebih bijak dalam ber media sosial khususnya siswa kelas XII SMA N 8 Kota Jambi dalam pembelajaran Sejarah. Manfaat praktis Bagi guru penelitian ini dapat menambah pengetahuan tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Bagi siswa penelitian ini dapat menambah wawasan pengetahuan tentang sosial media agar lebih bijak lagi dalam penggunaannya. Bagi Peneliti Lainnya dapat menambah pustaka sebagai literatur bagi penelitian yang relevan. Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statist ik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Tempat pelaksanaan penelitian ini di SMAN 8 Kota Jambi, yang beralamatkan di Jl. Marsda Surya Dharma No.Km.8, Kenali Asam Bawah, Kec. Kota Baru, Kota Jambi, Jambi 36129, dengan mengambil sampel dari kelas XII. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata skor penggunaan media sosial siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 8 Kota Jambi berada dalam kategori baik sedangkan rata-rata skor motivasi belajar siswa berada dalam kategori baik, sehingga penggunaan media sosial secara positif berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 8 Kota JambiHasil analisis pada penjelasan diatas menunjukkan tingkat motivasi belajar sejarah di SMA Negeri 8 Kota Jambi berada pada kategori sangat baik, hal ini berarti sebagian besar siswa kelas XII IPA 1 pada SMA Negeri 8 Kota Jambi memiliki motivasi belajar yang baik. Hasil analisis tersebut juga sejalan dengan hasil wawancara yang telah dilakukan dengan pihak sekolah, di mana narasumber mengemukakan bahwa mengenai dampak positif dan negatif dari penggunaan akun media sosial dikalangan siswa tidak terpengaruh secara signifikan. Hal ini mungkin dikarenakan para siswa telah diberikan saran dan arahan oleh wali kelas mereka untuk mengakses media sosial hanya 2 kali saja dalam sepekan bagi mereka yang memiliki kebiasaan menggunakan dan mengakses media sosial.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Admin Repo |
Date Deposited: | 15 Nov 2022 01:53 |
Last Modified: | 15 Nov 2022 01:53 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/1770 |
Actions (login required)
View Item |