PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM TUGAS PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII G SMPN 6 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2021/2022

NIKE NURJAYANTI, NIKE NURJAYANTI (2022) PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM TUGAS PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII G SMPN 6 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2021/2022. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
SKRIPSI NIKE.pdf

Download (403kB)

Abstract

BSTRAK Nurjayanti, Nike. 2021. Skripsi. Penggunaan Gaya Bahasa dalam Tugas Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerita Fantasi Siswa Kelas VII G SMPN 6 Kota Jambi Tahun Ajaran 2021/2022. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Batanghari Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa dalam tugas pembelajaran keterampilan menulis cerita fantasi siswa kelas VII G SMPN 6 Kota Jambi Tahun Ajaran 2021/2022 menarik bagi penulis untuk meneliti kemampuan penggunaan gaya bahasa siswa dalam menulis cerita fantasi karena dengan gaya bahasa cerita fantasi akan menjadi tulisan yang menarik. Sementara, kondisi dari observasi menggambarkan bahwa siswa dominan hanya menggunakan gaya bahasa tertentu saja dalam menulis karya sastra. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa tugas keterampilan menulis cerita fantasi siswa kelas VII G SMPN 6 Kota Jambi Tahun Ajaran 2021/2022 yang berkaitan dengan penggunaan gaya bahasa personifikasi, penggunaan gaya bahasa metafora, dan penggunaan gaya bahasa simile. Metode penelitian deskriptif kualitatif penulis jadikan sebagai cara untuk mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa dalam tugas pembelajaran keterampilan menulis cerita fantasi siswa ini. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa siswa lebih dominan menggunakan gaya bahasa personifikasi di dalam tugas menulis cerita fantasi dibanding menggunakan gaya bahasa metafora dan gaya bahasa simile. Oleh karena itu, dari hasil penelitian ini penulis mengharapkan agar dalam pembelajaran guru lebih fokus pada penggunaan berbagai gaya bahasa untuk menjadikan siswa terampil menulis cerita fantasi. kata kunci: menulis, cerita fantasi, gaya bahasa

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 15 Nov 2022 02:37
Last Modified: 15 Nov 2022 02:37
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/1777

Actions (login required)

View Item View Item