ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DENGAN GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT DI KELAS VII SMP NEGERI 4 KUALA TUNGKAL

NOVRIANDI ALPIANSYAH MARBUN, NOVRIANDI ALPIANSYAH MARBUN (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DENGAN GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT DI KELAS VII SMP NEGERI 4 KUALA TUNGKAL. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
Skripsi Novriandi Alpiansyah Marbun 1.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Marbun, Novriandi Alpiansyah. 2022. Skripsi. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Matematika Materi Aritmatika Sosial Dengan Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent Di Kelas VII SMP Negeri 4 Kuala Tungkal. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Jambi, Pembimbing (I) Dr. Silvia Fitriani, M.Pd. (II) Eni Defitriani, M.Pd. Kata Kunci: Kesalahan, analisis kesalahan newman, gaya kognitif, Aritmatika Sosial Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini ialah tiga siswa yang diambil dari kelas VII SMP Negeri 4 Kuala Tungkal. Tiga subjek tersebut diambil berdasarkan hasil tes GEFT dimana siswa dengan gaya kognitif field independent 1 siswa dan field dependent 2 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes GEFT untuk mengetahui gaya kognitif siswa, lembar soal aritmatika sosial dan pedoman wawancara. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial berdasarkan analisis kesalahan Newman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Siswa dengan gaya kognitif Field Independent mengalami kesalahan transformasi pada soal nomor 1,2,3,4, dan 5, kesalahan keterampilan proses, serta kesalahan penulisan pada soal nomor 3. Sedangkan, siswa dengan gaya kognitif Field Dependent yang terpilih sebagai subjek penelitian melakukan kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan baik pada soal nomor 1 maupun nomor 2,3,4 dan 5. Adapun faktor penyebab terjadinya kesalahan diantaranya adalah kurang teliti, tidak tahu langkah-langkah yang digunakan untuk menyelesaikan soal misalnya siswa tidak menuliskan model pendekatan yang akan digunakan, tergesagesa dalam menyelesaikan soal, dan kebiasaan siswa dalam menyelesaikan soal cerita misalnya siswa tidak menuliskan kesimpulan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 15 Nov 2022 03:02
Last Modified: 15 Nov 2022 03:02
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/1783

Actions (login required)

View Item View Item