ANALISIS PENGGUNAAN POLA PENGEMBANGAN DALAM TUGAS PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMPN 15 KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

SYELA MAHLIGA. W, SYELA MAHLIGA. W (2022) ANALISIS PENGGUNAAN POLA PENGEMBANGAN DALAM TUGAS PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMPN 15 KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
Skripsi Syela Mahliga W (1800888201012).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK W, Syela Mahliga. 2022. Skripsi. Analisis Penggunaan Pola Pengembangan dalam Tugas Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2021/2022. Program Studi Pendidiakan dan Sastra Bahasa Indonesia, Jurusan Bahasa Pendidiakan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Batanghari. Penelitian ini meneliti tentang penggunaan pola pengembangan teks eksplanasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pengembangan teks eksplanasi yang digunakan dalam tugas pembelajaran menulis siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berkaitan dengan teks eksplanasi berupa penggunaan pola pengembangan kausalitas dan pola pengembangan kronologis dalam menulis teks eksplanasi. Penelitian ini memperoleh data dari tugas menulis siswa kelas VIII A SMP Negeri 15 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2021/2022 dari pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas VIII dengan tema “Urutan Cerita Menarik dalam Eksplanasi”. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat 123 kutipan yang berkaitan dengan penggunaan pola pengembangan teks eksplanasi dalam tugas pembelajaran menulis siswa kelas VIII SMP Negeri 15 kota Jambi tahun pelajaran 2021/2022. (2) Dari 123 kutipan tersebut ditemukan 109 kutipan mengenai penggunaan pola pengembangan kauslaitas dan 14 kutipan mengenai penggunaan pola pengembangan kronologis. (3) Dari 31 siswa kelas VIII A terdapat 26 siswa yang menggunakan pola penggembangan kausalitas dan 5 siswa yang menggunakan pola pengembangan kronologis. (4) Dari hasil penelitian ini dapat penulis simpulakan bahwa dalam tugas pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 kota Jambi tahun pelajaran 2021/2022, siswa lebih dominan menggunakan pola pengembangan kausalitas dimana terdapat 109 kutipan dari 26 hasil tugas menulis siswa kelas VIII. Hal ini menandakan bahwa siswa lebih mudah menggunakan pola pengembangan kausalitas dimana penyusunan teks eksplanasi mengedepankan unsur sebab-akibat. Kata Kunci: menulis, teks eksplanasi, pola pengembangan

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 16 Nov 2022 07:09
Last Modified: 16 Nov 2022 07:09
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/1869

Actions (login required)

View Item View Item