STRATEGI PEMASARAN AGROINDUSTRI NANAS PADA SAAT PANDEMI COVID-19 DI CV. TULIMARIO DESA TANGKIT BARU KECAMATAN SUNGAI GELAM KABUPATEN MUARO JAMBI

TIARA KHETI, TIARA KHETI (2022) STRATEGI PEMASARAN AGROINDUSTRI NANAS PADA SAAT PANDEMI COVID-19 DI CV. TULIMARIO DESA TANGKIT BARU KECAMATAN SUNGAI GELAM KABUPATEN MUARO JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
SKRIPSI TIARA KHETI (1800854201018).pdf

Download (2MB)

Abstract

INTISARI Tiara Kheti. NIM 1800854201018. Strategi Pemasaran Agroindustri Pada Saat Pandemi Covid-19 di CV. Tulimario Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Dibimbing oleh Rizki Gemala Busyra dan Nida Kemala. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi agroindustri nanas, kondisi lingkungan internal dan eksternal, serta strategi pemasaran agroindustri nanas di CV. Tulimario. Penelitian ini dilaksanakan di CV. Tulimario. Lokasi ini dipilih dengan pertimbangan bahwa CV. Tulimario merupakan agroindustri berskala kecil-menengah yang bergerak dalam bidang pengolahan buah nanas segar menjadi produk olahan nanas sebagai oleh-oleh khas daerah. Ruang lingkup ini akan difokuskan pada strategi pemasaran agroindustri nanas pada saat pandemi Covid-19 di CV. Tulimario. Penelitian ini dilangsungkan Januari 2022. Dari penelitian ini data dianalisa deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan penelitian ini yang menjadi kekuatan utamaa adalah penawaran yang bagus karena kualitas produknya. Yang menjadi kelemahan utama yaitu, modal sendiri dan modal pinjaman namun modal sendiri lebih kecil dibandingkan modal pinjaman dan durasi penerimaan yang kurang lancar. Yang menjadi peluang utama yaitu, permintaan pasar yang banyak dari swalayan maupun toserba, pesanan online dan pesanan khusus. Yang menjadi ancaman utama adalah pesaing sejenis yang banyak diatas 6 agroindustri. Dan hasil matriks IE adalah total rata-rata IFE 3,45 dan total rata-rata EFE 3,34 menunjukan pada sel I dapat menggunakan grow and build (tumbuh dan bina) dan strategi yang dipakai adalah strategi intensif. Strategi S-O yaitu, Meningkatkan promosi yang bisa menarik konsumen dan Memanfaatkan kebijakan yang dibantu oleh pemerintah dengan baik. Strategi W-O yaitu, Membuat penawaran pada pasar di lokasi yang strategis (seperti agrowisata). Strategi S-T yaitu, Meningkatkan pemasaran dengan menambah penawaran. Strategi W-T yaitu, Meningkatkan jumlah produk olahan dan pemasaran.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 16 Nov 2022 07:39
Last Modified: 16 Nov 2022 07:39
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/1877

Actions (login required)

View Item View Item