PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA N 8 MUARO JAMBI

ADELA MARISKA, 1900884202005 (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA N 8 MUARO JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari Jambi.

[img] Text (PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA N 8 MUARO JAMBI)
ADELA SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Mariska, Adela. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA N 8 Muaro Jambi. Program studi pendidikan matematika, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, Universitas Batanghari, Jambi 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran matematika di kelas X SMA N 8 Muaro Jambi yaitu Berdasarkan observasi di sekolah SMA N 8 Muaro Jambi ternyata guru dalam proses mengajarnya masih menggunakan pembelajaran konvensional yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru dengan metode ceramah dengan diiringi penjelasan serta pembagian tugas dan Latihan, dimana hampir seluruh kegiatan pembelajaran dikendalikan oleh guru. Jadi guru memegang peranan utama dalam menentukan isi dan proses belajar termasuk dalam menilai kemajuan siswa. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui adanya pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan Berpikir Kritis pada siswa kelas X SMA N 8 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 8 Muaro Jambi tahun ajaran 2022/2023, sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling, sehingga diperoleh dua kelas sampel yang diberi perlakuan yang berbeda. Kelas sampel tersebuat adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Setelah dua kelas sampel diberikan perlakuan yang berbeda, pada akhir penelitian diberikan tes akhir (post-test). Hasil uji hipotesis diperoleh thitung >ttable yaitu 4,31 > 1,67 sehingga Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Model Konvensional, Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Model Konvensional, Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mita perpus unbari
Date Deposited: 01 Apr 2023 13:24
Last Modified: 01 Apr 2023 13:24
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/2263

Actions (login required)

View Item View Item