PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN GAME EDUKASI LAKER KELAS VII DI SMPN 2 KOTA JAMBI

ADELIA PUTRI, 1800884202014 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN GAME EDUKASI LAKER KELAS VII DI SMPN 2 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari Jambi.

[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN GAME EDUKASI LAKER KELAS VII DI SMPN 2 KOTA JAMBI)
SKRIPSI ADELIA PUTRI NIM 1800884202014.pdf - Published Version

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Putri,A. 2022. Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Game Edukasi Laker kelas VII di SMPN 2 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Batanghari Jambi, pembimbing (I) Dr.Silvia Fitriani, M.Pd. Pembimbing (II) Ayu Yarmayani, M.Pd Kata Kunci : Media Pembelajaran Matematika, Game Laker Matematika adalah suatu disiplin ilmu yang muncul dari sebuah proses peradaban manusia yang sangat penting. Pada dasarnya semua orang akan membutuhkan ilmu matematika dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran dilaksanakan secara daring karena covid 19, Dibutuhkan media pembelajaran elektronik yang menarik dan mudah digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam masa pandemic covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis game edukasi laker pada materi Aljabar untuk siswa SMP kelas VII dan mengetahui kualitas media pembelajaran berdasarkan aspek kevalidan, aspek kelayakan, aspek kepraktisan. Penelitian merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMPN 2 Kota Jambi. Instrument penelitian pada pengembangan ini berupa angket. Angket terdiri dari lembar validasi oleh tiga orang ahli, yaitu ahli materi, ahli desain, dan ahli media serta angket uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli desain diperoleh rata-rata 4,3 yang termasuk dalam kategori “baik” dan jika diperesentasekan mendapat nilai 86% sehingga termasuk dalam kategori “layak”. Ahli materi diperoleh rata-rata 4,4 yang termasuk dalam kategori “baik” dan jika diperesentasekan mendapat nilai 88% sehingga termasuk dalam kategori “layak”. Ahli media diperoleh rata-rata 4,6 yang termasuk dalam kategori “sangat baik” dan jika diperesentasekan mendapat nilai 92% sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”. Penilaian oleh siswa dilakukan dalam tiga tahap, uji perorangan diperoleh total rata rata 3,83 yang termasuk dalam kategori ”baik”, uji coba kelompok kecil diperoleh total rata-rata 4 yang termasuk dalam kategori “baik”, uji coba lapangan diperoleh rata-rata 4,47 yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Dengan demikian media pembelajaran matermatika berbasis game edukasi laker ini dinyatakan valid dan praktis sehingga layak digunakan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Matematika, Game Laker
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mita perpus unbari
Date Deposited: 02 Apr 2023 04:45
Last Modified: 02 Apr 2023 04:45
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/2271

Actions (login required)

View Item View Item