PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X FASE E SMA NEGERI 9 KOTA JAMBI

FITRI YANTI, 1900887203012 (2023) PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X FASE E SMA NEGERI 9 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari Jambi.

[img] Text (PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X FASE E SMA NEGERI 9 KOTA JAMBI)
skripsi full REVISI FITRI 100%.pdf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Yanti, Fitri. 2023. Skripsi. Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Fase E SMA Negeri 9 Kota Jambi. Dosen Pembimbing I : Lili Andriani, S.Pd., M.M. Dosen Pembimbing II : Diliza Afrila, M.Pd. Kata Kunci : Pelaksanaan Pembelajaran, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pelaksanaan pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X fase E SMA Negeri 9 Kota Jambi, (2) pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X fase E SMA Negeri 9 Kota Jambi, (3) pengaruh pelaksanaan pembelajaran dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X fase E SMA Negeri 9 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan metode survei dengan dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 252 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini proportionote startified random sampling, sehingga terpilih 155 orang sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menyebarkan angket kepada responden penelitian. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah regresi berganda dengan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pengaruh pelaksanaan pembelajaran terhadap hasil belajar didapatkan nilai thitung> ttabel (13,801 > 1,975). Artinya, pelaksanaan pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X fase E SMA Negeri 9 Kota Jambi, (2) Pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar didapatkan nilai thitung> ttabel (12,788 > 1,975). Artinya, kebiasaan belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X fase E SMA Negeri 9 Kota Jambi, (3) Pelaksanaan pembelajaran dan kebiasaan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X fase E SMA Negeri 9 Kota Jambi. Hal ini berdasarkan pada nilai Fhitung> Ftabel (103,099 > 3,06), sehingga dapat disimpulkan bahwa HO ditolak.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: mita perpus unbari
Date Deposited: 02 Apr 2023 05:14
Last Modified: 02 Apr 2023 05:14
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/2277

Actions (login required)

View Item View Item