PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROTI PADA SAIMEN BAKERY GERAI PASAR DI KOTA JAMBI

Muthiah Delilah, 1800861201037 (2023) PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROTI PADA SAIMEN BAKERY GERAI PASAR DI KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari Jambi.

[img] Text (PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROTI PADA SAIMEN BAKERY GERAI PASAR DI KOTA JAMBI)
SKRIPSI MUTHIAH DELILAH CETAK KERAS.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK (MUTHIAH DELILAH / 1800861201037 / 2023 / PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROTI PADA SAIMEN BAKERY GERAI PASAR DI KOTA JAMBI / SUPERVISOR I SAKINAH AS, SE, MM. / SUPERVISOR II ANISAH, SE, MM.) Harga memainkan peran yang sangat penting dalam keputusan pembelian konsumen. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan harga dan keputusan pembelian dalam membeli produk, serta untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian dalam membeli produk di Saimen Bakery Gerai Pasar Kota Jambi. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan kuantitatif. Analisis data menggunakan SPSS Ver 22 dan menggunakan model regresi linier sederhana dengan hasil hitung Y = 0,856+0,521X+e. Uji determinasi dengan R2 sebesar 30,5%. Uji t dengan perbandingan thitung 5,207 > ttabel 1,66055 maka Ho diterima Hi menjadi. Ditolak. Untuk menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pada Saimen Bakery Gerai Pasar di Kota Jambi. Penyebaran kuesioner dengan jumlah populasi 11.729 orang pada pelanggan tahun 2022, maka rumus yang digunakan untuk mencari sampel menurut Sarwono (2012:24) sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden. Koefisien regresi harga (X) sebesar 0,521 artinya harga (X) mengalami peningkatan sebesar 1%, sehingga keputusan pembelian (Y) pada Saimen Bakery Gerai Pasar di Kota Jambi meningkat sebesar 0,521. Koefisien determinasi diketahui dari nilai R2=0,305 (30,5%) yang berarti harga (X) mampu menjelaskan keputusan pembelian (Y) pada Saimen Bakery Gerai Pasar di Kota Jambi sebesar 30,5% dan sisanya 69,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diselidiki dalam penelitian ini. Berdasarkan uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 5,207 dan nilai t tabel sebesar 1,66055. Dari hasil perbandingan terlihat bahwa uji dengan perbandingan thitung 5,207 > ttabel 1,66055 maka Ho diterima Hi menjadi. Ditolak. Artinya harga mempengaruhi keputusan pembelian produk pada Saimen Bakery Gerai Pasar di Kota Jambi. Kata Kunci : Harga, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga, Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: mita perpus unbari
Date Deposited: 17 Apr 2023 08:17
Last Modified: 17 Apr 2023 08:17
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/2531

Actions (login required)

View Item View Item