PENGARUH DESAIN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BATIK JAMBI REZEKI SEBERANG KOTA JAMBI

DESSY KOMARIYAH, 1900861201007 (2023) PENGARUH DESAIN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BATIK JAMBI REZEKI SEBERANG KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas BATANGHARI Jambi.

[img] Text (PENGARUH DESAIN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BATIK JAMBI REZEKI SEBERANG KOTA JAMBI)
DESSY KOMARIAH 1900861201007.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Keputusan pembelian merupakan keputusan konsumen mengenai preferensi atas merek-merek yang ada didalam kumpulan pilihan. Proses keputusan pembelian terdiri dari lima tahap yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui gambaran desain produk, harga, dan keputusan pembelian konsumen dan untuk menganalisis pengaruh desain produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen Batik Jambi Rezeki Sebrang Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan kuantitatif dengan metode pengumpulan data observasi dan kuesioner. Jenis dan sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Populasi dan sampel yang digunakan sebanyak 74 orang dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa skor rata-rata pada distribusi frekuensi jawaban responden pada variabel desain produk didapatkan nilai sebesar 236,3 dengan kategori cukup baik. Pada variabel harga skor rata-rata didapatkan nilai sebesar 247,3 dengan kategori cukup baik dan pada variabel keputusan pembelian skor rata-rata didapatkan nilai sebesar 246,7 dengan kategori cukup baik dan terdapat pengaruh signifikan secara simultan pada variabel desain produk dan harga terhadap keputusan pembelian Batik Jambi Rezeki Seberang Kota Jambi dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil penelitian regresi berganda yang diperoleh terdapat pengaruh signikan secara parsial variabel desain produk terhadap keputusan pembelian Batik Jambi Rezeki Seberang Kota Jambi dengan nilai signifikansi sebesar 0,009 dan pengaruh signikan secara parsial variabel harga terhadap keputusan pembelian Batik Jambi Rezeki Seberang Kota Jambi dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Kata Kunci: Batik, Keputusan Pembelian, Produk dan Harga

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Batik, Keputusan Pembelian, Produk dan Harga
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 18 Nov 2023 04:18
Last Modified: 18 Nov 2023 04:18
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/2847

Actions (login required)

View Item View Item