PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN PMRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP SWASTA ADVENT BARUSJULU

SERI HAYATI BARUS, 1700884202018 (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN PMRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP SWASTA ADVENT BARUSJULU. skripsi thesis, Universitas BATANGHARI Jambi.

[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN PMRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP SWASTA ADVENT BARUSJULU)
Seri Hayati Barus 1700884202018.pdf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Swasta Advent Barusjulu, masih rendah sehingga dibutuhkan suatu solusi yang dapat membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran serta aktif dalam berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Medeskripsikan proses pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan PMRI untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII SMP, (2) Mendeskripsikan kualitas Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII SMP yang ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan metode pengembanggan ADDIE. Pengembangan LKS dengan materi perbandingan dan skala menggunakan model ADDIE meliputi 5 tahapan yaitu tahap analysis (analisis), tahap design (perancangan), tahap development (pengembangan), tahap implementation (penerapan), dan tahap evaluation (evaluasi). Hasil dari penelitian ini adalah produk berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan PMRI. Kemudian kualitas LKS dengan pendekatan PMRI pada aspek kevalidan dilihat dari hasil validasi yang meliputi materi, desain dan media. Hasil validasi ahli materi sebesar 80,67% dengan kategori baik/valid dan validasi ahli desain dan media sebesar 83,75% dengan kategori sangat baik/sangat valid. Pada aspek kepraktisan dilihat dari hasil tanggapan guru dan tanggapan peserta didik. Hasil tanggapan guru diperoleh persentase 82% dengan kategori sangat baik. Hasil persepsi peserta didik diperoleh persentase sebesar 86,67% dengan kategori sangat baik. Pada aspek keefektifan berdasarkan hasil analisis SPSS didapatkan nilai Sig. (2-tailed) yakni 0.000 < 0.05 yang artinya ada pengaruh penggunaan LKS dengan pendekatan PMRI untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan hasil analisis uji N-gain diperoleh skor 0,65 dengan tingkat peningkatan sedang dan persentase 60,15% menyatakan LKS dengan pendekatan PMRI cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelaas VII SMP Swasta Advent Barusjulu. Kata Kunci : Pengembangan LKS, Matematika Realistik, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Perbandingan Dan Skala.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan LKS, Matematika Realistik, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Perbandingan Dan Skala.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:43
Last Modified: 23 Nov 2023 02:43
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/2862

Actions (login required)

View Item View Item