AFERE’ WITRI MAGHDALENA SIMANJUNTAK, 1900884202010 (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA MENGGUNAKAN SOFTWARE CONSTRUCT 2 DI SMPN 2 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas BATANGHARI Jambi.
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA MENGGUNAKAN SOFTWARE CONSTRUCT 2 DI SMPN 2 KOTA JAMBI)
AFERE' WITRI MAGHDALENA SIMANJUNTAK 1900884202010.pdf - Published Version Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Kata Kunci : Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ), Game, Construct 2, Aritmatika Sosial, ADDIE Penelitian ini dilakukan karena minat membaca peserta didik kurang, peserta didik mengalami kesulitan untuk menjelaskan kembali materi yang sudah diberikan, belum adanya buku pegangan peserta didik (LKPD) sebagai sarana belajar, peserta didik mengaku kesulitan mengingat rumus dan mengaplikasikan rumus ke dalam soal. Sehingga, peneliti menyusun LKPD matematika yang dikembangkan kedalam game pada materi Aritmatika Sosial menggunakan software Construct 2 yang diharapkan dapat membantu untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pada penelitian ini peneliti menggunakan subjek peserta didik SMPN 02 Kota Jambi. Jenis penelitian ini ini adalah penelitian pengembangan Research and Development ( R&D ) yang menggunakan model pengembangan ADDIE meliputi 5 tahapan yaitu : analisis ( analysis ), pengembangan ( development ), implementasi ( implementation ), dan evalusi ( evaluation ). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII. C uji coba lapangan 29 orang peserta didik dan VII.D uji coba perorangan 3 orang peserta didik, serta uji coba kelompok kecil 6 orang peserta didik SMP Negeri 2 Kota Jambi. Instrumen penelitian pada pengembangan ini berupa lembar penilaian LKPD untuk ahli ( materi, media, desain ) untuk memperoleh data kevalidan LKPD, dan Lembar respon peserta didik pada uji coba produk untuk memeperoleh data kepraktisan LKPD. Hasil penelitian ini adalah Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berupa Game pada materi Aritmatika Sosial untuk SMP kelas VII. 1). hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata 4,3 termasuk kriteria Sangat Baik, dengan persentase sebesar 86 % dengan kriteria Sangat Valid, 2). hasil validasi ahli media diperoleh rata-rata 4 termasuk kriteria Baik, dengan persentase sebesar 80% dengan kriteria Valid, 3). hasil validasi ahli desain diperoleh rata- rata 4,37 termasuk kriteria Sangat Baik dengan persentase 87,5% dengan kriteria Sangat Valid, 4). Respon peserta didik pada uji coba perorangan diperoleh rata-rata 4,39 termasuk kriteria Sangat Baik dengan persentase 87,87% dengan kriteria Sangat Praktis, 5). Respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata 4,54 termasuk kriteria Sangat Baik dengan persentase 90,89% dengan kriteria Sangat Praktis, 6). Respon peserta didik pada uji coba lapangan diperoleh rata-rata 4,34 termasuk kriteria Sangat Baik dengan persentase 86,9% dengan kriteria Sangat Praktis. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari penilaian ahli (materi, media, desain) dan data repon peserta didik yang diperoleh dari uji coba produk, maka disimpulkan pengembangan LKPD menggunakan software construct 2 yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ), Game, Construct 2, Aritmatika Sosial, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Admin Repo |
Date Deposited: | 28 Nov 2023 05:34 |
Last Modified: | 28 Nov 2023 05:34 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/2880 |
Actions (login required)
View Item |