PENGARUH MEDIA PENILAIAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BERBASIS GAME EDUKASI WORDWALL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS XI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI T.A 2022/2023

ANGELIA HARIANJA, 1900887201009 (2023) PENGARUH MEDIA PENILAIAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BERBASIS GAME EDUKASI WORDWALL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS XI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI T.A 2022/2023. skripsi thesis, Universitas BATANGHARI Jambi.

[img] Text (PENGARUH MEDIA PENILAIAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BERBASIS GAME EDUKASI WORDWALL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS XI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI T.A 2022/2023)
ANGELIA HARIANJA 1900887201009.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kata Kunci : Wordwall, Media Penilaian, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengaruh media penilaian terhadap hasil belajar siswa berbasis game edukasi Wordwall pada mata pelajaran sejarah di kelas XI. Penelitian yang laksanakan ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif karena peneliti ingin menggambarkan atau mendeskripsikan suatu fenomena atau variabel secara jelas, sistematis, dan objektif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh data penelitian yang menunjukan adanya pengaruh signifikan pada penggunaan media penilaian hasil terhadap belajar siswa berbasis game edukasi Wordwall pada mata pelajaran Sejarah Indonesia di kelas XI SMA Negeri 8 Kota Jambi T.A 2022/2023, dibandingkan dengan penggunaan media konvesional. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan nilai rata- rata hasil belajar pada kelas kontrol, secara keseluruhan nilai rata-rata kelas control (pre-test) lebih rendah dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol (post-test) 75,5 < 64,5. Selain itu, perhatian siswa yang terfokus pada kegiatan penilaian hasil belajar dengan menggunakan media game edukasi Wordwall, mempengaruhi pemahaman siswa pada mata pelajaran Sejarah Indonesia yang diajarkan menjadi optimal. Hal tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa. Dilihat dari hasil tes siswa bahwa pada semua indicator respon siswa yang mencapai rata-rata sebesar 81,01 dari 6 indikator yang terdiri dari 20 soal yang dikerjakan artinya bahwa media penilaian terhadap hasil belajar siswa berbasis game edukasi Wordwall berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan sangat efektif.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Wordwall, Media Penilaian, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:47
Last Modified: 30 Nov 2023 02:55
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/2888

Actions (login required)

View Item View Item