PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BAHAN BANGUNAN PADA CV. TIGA SAUDARA KABUPATEN MERANGIN PROVINSI JAMBI

FERDY FRASETYA, 1700861201232 (2023) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BAHAN BANGUNAN PADA CV. TIGA SAUDARA KABUPATEN MERANGIN PROVINSI JAMBI. skripsi thesis, Universitas BATANGHARI Jambi.

[img] Text (PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BAHAN BANGUNAN PADA CV. TIGA SAUDARA KABUPATEN MERANGIN PROVINSI JAMBI)
Ferdy Frasetya 1700861201232.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untukmemperoleh gambaran kualitas produk, harga dan keputusan pembelian bahan bangunan pada CV. Tiga Saudara Kabupaten Merangin; dan untuk mengetahuipengaruh kualitas produk dan harga secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian bahan bangunan pada CV. Tiga Saudara Kabupaten Merangin. Untuk menjawab tujuan penelitian tersebut maka penulis menggunakan kajian-kajian teori yang berhubungan dengan variabel penelitian. Untuk variabel kualitas produk yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Gasper, V (2001), dengan indicator 1) Performance; 2) Features; 3) Reability; 4) Conformance; 5) Durability; 6) Serviceability; dan 7) Perceived quality. Selanjutnya untuk variabel harga yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Stanton (2008), dengan indicator 1) Keterjangkauan harga; 2) Kesesuaian harga dengan kualitas produk; 3) Daya saing harga; dan 4) Kesesuaian harga dengan manfaat. Kemudian untuk variabel keputusan pembelian teori teori yang digunakan mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Kotler dan Keller (2012), dengan indikator 1) Kemantapan dalam membeli; 2) Kemudahan mendapatkan/ memperoleh produk; dan 3) Kesesuaian atribut antara keinginan dan kebutuhan. Selain itu penulis juga mencari penelitian terdahulu yang relevan berupa artikel/jurnal terdahulu untuk mendukung penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Dengan populasi dalam penelitian ini adalah konsumen CV. Tiga Saudara Kabupaten Merangin dengan jumlah sebanyak 1.674 konsumen.Sedangkan untuk ukuran sampel pada penelitian ini menggunakanmetodeSlovin dengan margin e = 10%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 95. Teknik analisis menggunakan persamaan regresi, diteruskan dengan menguji rSquare dan pengujian hipotesis secara parsial dengan uji t. Dari pengolah data yang dilakukan diperoleh persamaan regresi Y = 0,781 + 0,371.X1 + 0,331.X2. Sedangkan dari pengujian hipotesis yang dilakukan baik secara simultan maupun secara parsial memiliki nilai sig< 0,05,sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas produkdan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen baik secara simultan maupun secara parsial. Berdasarkan hasil analisa data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwakualitas produk, harga,dan keputusan pembelianbahan bangunan pada CV. Tiga Saudara berada pada kriteria baik, cukup setuju. Selain itu diketahui pula kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusanpembelian bahan bangunan pada CV. Tiga Saudara baik secara simultan maupun secara parsial. Kata Kunci: Word of Mouth dan Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Word of Mouth dan Keputusan Pembelian.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 02 Dec 2023 03:49
Last Modified: 02 Dec 2023 03:49
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/2901

Actions (login required)

View Item View Item