PENGARUH METODE TALKING STICK TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH KELAS XII IPS DI SMAN 11 KOTA JAMBI T.A 2022/2023

RAVIA SANTIKA ANDARI, 1900887201023 (2023) PENGARUH METODE TALKING STICK TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH KELAS XII IPS DI SMAN 11 KOTA JAMBI T.A 2022/2023. skripsi thesis, Universitas BATANGHARI Jambi.

[img] Text (PENGARUH METODE TALKING STICK TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH KELAS XII IPS DI SMAN 11 KOTA JAMBI T.A 2022/2023)
RAVIA SANTIKA ANDARI 1900887201023.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kata Kunci : Metode, Talking Stick, Minat Belajar,Hasil Belajar, Sejarah Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis korelasi. Sampel dari penelitian ini adalah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi angket responden sebanyak 10 butir soal untuk variable bebas (X) dan 10 butir soal untuk variable (Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran talking stick terhadap minat belajar dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah pada kelas XII IPS4 di SMAN 11 Kota Jambi. Dengan menggunakan perhitungan angket yang telah dibagikan kepada 30 peserta didik kelas XII IPS4 di SMAN 11 Kota Jambi dengan analisis yang menggunakan product moment. Dengan memperhatikan besar Rxy yaitu 0,685 yang berada 0,66 hingga 7,99 maka dapat dikatakan tingkat hubungan korelasi kuat. Dan N yaitu 30, maka rtable yaitu 0,36101. Sehingga nilai r hitung lebih besar dari nilai r table maka H1 diterima, nilai thitung ternyata lebih besar jika dibandingkan dengan ttable pada taraf 5% yaitu signifikan sebesar 2,04841. Dan dinyatakan bahwa thitung lebih besar dari pada ttable maka dapat disimpulkan hipotesa anternatif (H1) diterima dan nilai nihil (H0) ditolak. Sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara variable X dan variable Y sehingga dapat disimpulkan nilai hipotesa alternatif di terima. Dan untuk hasil belajar dalam penggunaan metode pembelajaran talking stick yang dimana peserta didik sebanyak 30 orang dengan hasil penilaian peserta didik rata-rata kelas memperoleh nilai 78,66%. Yang dimana pembelajaran sejarah dengan menggunakan metode pembelajaran talking stick dapat dikatan sangat efektif.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode, Talking Stick, Minat Belajar,Hasil Belajar, Sejarah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 11 Dec 2023 03:41
Last Modified: 11 Dec 2023 03:41
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/2925

Actions (login required)

View Item View Item