PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI MATRIKS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 MUARO JAMBI

SRI HARDIYANTI, 1900884202001 (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI MATRIKS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 MUARO JAMBI. skripsi thesis, Universitas BATANGHARI Jambi.

[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI MATRIKS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 MUARO JAMBI SKRIPSI)
SRI HARDIYANTI 1900884202001.pdf - Published Version

Download (45MB)

Abstract

ABSTRAK Kata Kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Problem Based Learning (PBL), ADDIE Masalah ini di latar belakangi oleh kurangnya alat bantu ajar yang sesuai bagi pendidik untuk mengajar agar peserta didik dapat memahami konsep pada materi yang di ajar pada masalah ini yaitu pada materi matriks. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik matematika pada materi matriks berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk peserta didik kelas XI SMA, serta untuk mengetahui kualitas LKPD yang dikembangkan dari aspek kevalidan dan aspek kepraktisan. Kualitas kevalidan dapat diketahui berdasarkan penilaian LKPD oleh ahli materi, ahli media dan ahli desain, sedangkan aspek kepraktisan dapat diketahui dari uji coba LKPD kepada uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) penelitian pengembangan ini mengikuti langkah-langkah dari model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap pengembangan yaitu: analisis (analysis), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 uji coba lapangan 23 orang peserta didik dan XI MIPA 3 uji coba perorangan 3 orang peserta didik serta uji coba kelompok kecil 6 orang peserta didik SMA Negeri 2 Muaro Jambi. Instrument penelitian pada pengembangan ini berupa lembar penilaian LKPD untuk ahli (materi, media, dan desain) untuk memperoleh data kevalidan LKPD, dan lembar respon peserta didik pada uji coba produk untuk memperoleh data kepratisan LKPD. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar berupa LKPD matematika berbasis problem based learning materi matriksuntuk SMA kelas XI. 1) hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata 4,82 termasuk kriteria Sangat Baik, dengan persentase sebesar 96,36% dengan kriteria Sangat Valid, 2) hasil validasi ahli media diperoleh rata-rata 4,18 termasuk kriteria Baik, dengan persentase sebesar 83,64% dengan kriteria Sangat Valid, 3) hasil validasi ahli desain diperoleh rata-rata 4,5 termasuk kriteria Sangat Baik dengan persentase 90% dengan kriteria Sangat Valid, 4) respon peserta didik diperoleh rata-rata 3,87 termasuk kriteria Baik dengan persentase 77,34% dengan kriteria Praktis, 5) respon peserta didik diperoleh rata-rata 4,65 dengan kriteria Sangat Baik dengan persentase 93,09% dengan kriteria Sangat Praktis, 6) respon peserta didik diperoleh rata-rata 4,61 termasuk kriteria Sangat Baik dengan persentase 92,18% dengan kriteria Sangat Praktis. Berdasarkan analisis data yang telah diperoleh dari penilaian LKPD oleh ahli (materi, media, desain) dan data respon peserta didik yang diperoleh dari uji coba produk, maka dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Problem Based Learning (PBL), ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 12 Dec 2023 06:24
Last Modified: 12 Dec 2023 06:24
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/2943

Actions (login required)

View Item View Item