ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK (V-A-K) PADA MATERI SISTEM PERTIDAKSAMAAN LINEAR DI SMA NEGERI 1 TANJUNG JABUNG BARAT

FAJAR FEBRIAN, 2100884202005 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK (V-A-K) PADA MATERI SISTEM PERTIDAKSAMAAN LINEAR DI SMA NEGERI 1 TANJUNG JABUNG BARAT. skripsi thesis, Universitas BATANGHARI Jambi.

[img] Text (ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK (V-A-K) PADA MATERI SISTEM PERTIDAKSAMAAN LINEAR DI SMA NEGERI 1 TANJUNG JABUNG BARAT)
FAJAR FEBRIAN 2100884202005.pdf - Published Version

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan utama ketika mempelajari matematika, bahkan dapat dikatakan jantung dari mempelajari matematika adalah proses pemecahan masalah. Langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam pemecahan masalah menjadi 4 yaitu: 1) memahami masalah; 2) merencanakan penyelesaian; 3) melaksanakan rencana; dan 4) memeriksa proses dan hasil. Kesulitan yang dialami siswa dalam memecahkan masalah pada soal dipengaruhi gaya belajar siswa, gaya belajar yang dilihat dari modalitas sensori dipisahkan menjadi 3 yaitu visual, auditori dan kinestetik. Gaya belajar siswa mempengaruhi cara siswa menerima dan mengolah informasi untuk memahami sebuah konsep sehingga ada keterkaitan antara gaya belajar dan kemampuan pemecahan masalah, dan materi yang dapat mengungkap ciri dari gaya belajar dan kemampuan pemecahan masalah adalah materi sistem pertidakmsamaan linear, karena menuntut siswa untuk berpikir kritis dan imajinatif dalam menyelesaikan setiap bentuk soal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendesrkripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya belajar V- A-K. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini soal tes, dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen lembar angket gaya belajar V-A-K, soal tes dan pedoman wawancara. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi waktu dan sumber. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Tahap memahami masalah semua subjek mampu menuliskan informasi yang ada dengan lengkap dan sistematis kecuali pada subjek S-V3 yang belum mampu menuliskan informasi yang ada dengan lengkap dan sistematis. (2) Tahap menyusun rencana semua subjek mampu menghubungkan informasi dengan mengubah kedalam kalimat matematika dan mampu memilih strategi yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah. (3) Tahap melaksanakan rencana semua subjek mampu menjalankan strategi yang dibuat sebelumnya dengan baik dan benar dengan kemampuan yang dimiliki oleh subjek, kecuali pada subjek S-A2 dan S-K1 yang belum mampu melaksanakan strategi yang dibuat dengan baik dan benar. (4) Tahap memeriksa kembali semua subjek mampu menyimpulkan dengan benar dan tepat kecuali pada subjek S-A2 dan S-K1 yang belum mampu menyimpulkan dengan baik dan tepat. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Gaya Belajar Visual, Auditori,Kinestetik(V-A-K)

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik(V-A-K)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 04 Jan 2024 06:44
Last Modified: 04 Jan 2024 06:44
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/2983

Actions (login required)

View Item View Item