RIDO SHOFIANDI AKBAR, 1800887201002 (2023) IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LABORATORIUM KOTA JAMBI TA 2022/2023. skripsi thesis, Universitas BATANGHARI Jambi.
Text (IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LABORATORIUM KOTA JAMBI TA 2022/2023)
RIDO SHOFIANDI AKBAR 1800887201002.pdf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya dalam pembelajaran sejarah di SMP Laboratorium STKIP Kota Jambi TA 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian meliputi siswa kelas VIII dan IX SMP Laboratorium STKIP Kota Jambi TA 2022/2023 berjumlah 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dengan skala Gottman. observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar terhadap materi pelajaran sejarah disebabkan karena 1) Kesulitan dalam menghafal nama tokoh, tahun, dan peristiwa yang terdapat pada materi sejarah dengan nilai persentase 85,38% . 2) Selalu sulit guru dalam memberikan tugas maupun soal ujian dengan perolehan persentase sebesar 83,85%. 3) Tidak senang terhadap materi pelajaran sejarah dengan perolehan nilai persentase 83,08%. Kata Kunci : kesulitan belajar, hasil belajar, IPS
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesulitan belajar, hasil belajar, IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Admin Repo |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 07:16 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 07:16 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3014 |
Actions (login required)
View Item |