PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 9 KOTA JAMBI

CANDRA WIJAYA, 1900884202003 (2024) PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 9 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas BATANGHARI Jambi.

[img] Text
01. COVER.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN (SCAN).pdf - Published Version

Download (648kB)
[img] Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (248kB)
[img] Text
06. BAB I.pdf - Published Version

Download (259kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 9 KOTA JAMBI)
CANDRA WIJAYA 1900884202003.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh self efficacy siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Kota Jambi. Selama proses pembelajaran berlangsung di sekolah faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa salah satunya, yaitu keyakinan siswa dalam mengkomunikasikan ide-ide matematis, atau disebut juga self efficacy. Self efficacy merupakan kayakinan diri yang dimiliki oleh setiap individu terhadap kemampuan yang dimilikinya dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh self efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan uji regresi linear sederhana yang bertujuan untuk mengukur pengaruh yang signifikan antara self efficacy siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Kota Jambi Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah keseluruhan 108 siswa yang terbagi menjadi 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 51 siswa yang terbagi menjadi 3 kelas yang diambil secara random sampling (acak). Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket dan tes uraian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 21 terdiri dari analisis deskriptif, uji persyaratan analisis data, dan pengujian hipotesis. Uji persyaratan analisis data yang digunakan, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh gambaran self efficacy siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Kota Jambi secara umum termasuk kategori sedang dengan presentasi 69%, skor terendah 36, skor tertinggi 74, rangenya 38 dan gambaran kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Kota Jambi secara umum termasuk kategori sedang dengan presentasi 65%, skor terendah 52, skor tertinggi 68, rangenya 16. Berdasarkan analisis inferensial terdapat pengaruh yang signifikan self efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Kota Jambi. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji regresi linear sederhana diperoleh ̂Y = 55,680 + 0,075X, nilai thitung > ttabel yaitu 7,095 > 1,675 sehingga H0 ditolak. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara self efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis sebesar 64%. Kata Kunci : Self Efficacy, Kemampuan Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self Efficacy, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 28 May 2024 05:09
Last Modified: 28 May 2024 05:09
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3220

Actions (login required)

View Item View Item