PENGARUH TUTOR TEMAN SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI DI SMAN 9 KOTA JAMBI

Martina Wuriyanti, 2000887203018 (2024) PENGARUH TUTOR TEMAN SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI DI SMAN 9 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas BATANGHARI Jambi.

[img] Text (PENGARUH TUTOR TEMAN SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI DI SMAN 9 KOTA JAMBI)
Martina Wuriyanti 2000887203018.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
01. COVER.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (385kB)
[img] Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text
06. BAB I.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (184kB)

Abstract

Kata Kunci : Tutor Teman Sebaya, Berpikir Kritis. Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Untuk mengetahui gambaran umum tutor teman sebaya dan berpikir kritis siswa kelas XI di SMAN 9 Kota Jambi pada mata pelajaran ekonomi, 2). Untuk mengetahui pengaruh tutor teman sebaya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 9 Kota Jambi pada mata pelajaran ekonomi. Adapun jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian analisis deskriptif dan regresi sederhana, dengan subjek penelitian yang berjumlah 125 siswa dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner (angket), serta teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh tutor teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI di SMAN 9 Kota Jambi hal ini ditunjukkan oleh thitung > ttabel, yaitu 8,899 > 1,6573 dengan besar nilai b constant 29,265 dan nilai x sebesar 0,844. Adapun persamaan regresi sederhana yang didapat yaknin Y = a + bx dengan Y= 29,265 + 0,844x dengan nilai thitung = 8,899. Dimana apabila tutor teman sebaya naik 0,844% maka kemampuan berpikir kritis naik 1% sebaliknya, apabila tutor teman sebaya turun 0,844% maka berpikir kritis turun 1%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tutor Teman Sebaya, Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 29 May 2024 03:35
Last Modified: 29 May 2024 03:35
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3239

Actions (login required)

View Item View Item