Dina Dwi Oktavia, 2000887203012 (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RBL TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 2 MUARO JAMBI. skripsi thesis, Universitas BATANGHARI Jambi.
Text
01. COVER.pdf - Published Version Download (204kB) |
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (288kB) |
|
Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (75kB) |
|
Text
06. BAB 1.pdf - Published Version Download (406kB) |
|
Text
10. BAB 5.pdf - Published Version Download (255kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (425kB) |
|
Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RBL TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 2 MUARO JAMBI)
Dina Dwi Oktavia 2000887203012.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Konvensional, RBL, Kreativitas Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana gambaran kreativitas belajar siswa kela XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 2 Muaro Jambi, 2) mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran konvensional terhadap kreativitas belajar siswa di SMAN 2 Muaro Jambi, 3) mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran RBL terhadap kreativitas belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 2 Muaro Jambi, 4) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran RBL kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 2 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen yang mana penerapannya menggunakan pre-test dan post-test control group design. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMAN 2 Muaro Jambi yang berjumlah 57 siswa dengan 31 kelas kontrol dan 27 kelas ekperimen, sementara teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis desktriptif dan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kreativitas Belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi tergolong baik, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata TCR kelas kontrol sebesar 78,80% sedangkan pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata TCR sebesar 79,90%. , 2) penerapan model pembelajaran konvensional tidak berpengaruh terhadap kreativitas belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil nilai rata-rata siswa yang lulus di atas KKM pada tes pre-test sebesar 9,68% dan hasil nilai rata-rata siswa yang lulus nilai KKM pada tes post-test sebesar 45,16%, 3) penerapan model pembelajaran RBL berpengaruh terhadap kreativitas belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil nilai rata-rata siswa yang lulus di atas KKM pada tes pre-test sebesar 85,19% dan hasil nilai rata-rata siswa yang lulus nilai KKM pada tes post-test sebesar 77,78%. 4) penerapan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran RBL memiliki perbedaan terhadap kreativitas belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil uji-T yang mana T hitung >T tabel sebesar 8>1,67 dan hasil uji ANOVA dua jalur yang mana F hitung >F tabel sebesar 5,369 >0,024.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Konvensional, RBL, Kreativitas Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Admin Repo |
Date Deposited: | 29 May 2024 05:15 |
Last Modified: | 29 May 2024 05:15 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3242 |
Actions (login required)
View Item |