PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RBL TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 2 MUARO JAMBI

Dina Dwi Oktavia, 2000887203012 (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RBL TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 2 MUARO JAMBI. skripsi thesis, Universitas BATANGHARI Jambi.

[img] Text
01. COVER.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (75kB)
[img] Text
06. BAB 1.pdf - Published Version

Download (406kB)
[img] Text
10. BAB 5.pdf - Published Version

Download (255kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (425kB)
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RBL TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 2 MUARO JAMBI)
Dina Dwi Oktavia 2000887203012.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Konvensional, RBL, Kreativitas Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana gambaran kreativitas belajar siswa kela XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 2 Muaro Jambi, 2) mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran konvensional terhadap kreativitas belajar siswa di SMAN 2 Muaro Jambi, 3) mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran RBL terhadap kreativitas belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 2 Muaro Jambi, 4) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran RBL kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 2 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen yang mana penerapannya menggunakan pre-test dan post-test control group design. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMAN 2 Muaro Jambi yang berjumlah 57 siswa dengan 31 kelas kontrol dan 27 kelas ekperimen, sementara teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis desktriptif dan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kreativitas Belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi tergolong baik, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata TCR kelas kontrol sebesar 78,80% sedangkan pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata TCR sebesar 79,90%. , 2) penerapan model pembelajaran konvensional tidak berpengaruh terhadap kreativitas belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil nilai rata-rata siswa yang lulus di atas KKM pada tes pre-test sebesar 9,68% dan hasil nilai rata-rata siswa yang lulus nilai KKM pada tes post-test sebesar 45,16%, 3) penerapan model pembelajaran RBL berpengaruh terhadap kreativitas belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil nilai rata-rata siswa yang lulus di atas KKM pada tes pre-test sebesar 85,19% dan hasil nilai rata-rata siswa yang lulus nilai KKM pada tes post-test sebesar 77,78%. 4) penerapan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran RBL memiliki perbedaan terhadap kreativitas belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil uji-T yang mana T hitung >T tabel sebesar 8>1,67 dan hasil uji ANOVA dua jalur yang mana F hitung >F tabel sebesar 5,369 >0,024.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Konvensional, RBL, Kreativitas Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 29 May 2024 05:15
Last Modified: 29 May 2024 05:15
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3242

Actions (login required)

View Item View Item