Diajukan untuk Memenuhi Persyaratan Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni

Tri Hastutik, Tri Hastutik (2018) Diajukan untuk Memenuhi Persyaratan Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hastutik, Tri. 2018. Skripsi. Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Keterampilan Menulis Biografi Siswa Kelas X TKC.2 SMK Negeri 4 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Batanghari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap keterampilan menulis biografi siswa kelas X TKC.2 SMK Negeri 4 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi yang menjadi unit analisis adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 4 Kota Jambi sebanyak 30 siswa. Penelitian menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan penugasan. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif, menggunakan model statistik thitung. Hasil analisisnya disajikan dalam bentuk angka dan dijelaskan dalam suatu uraian. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 65,27, sedangkan nilai rata-rata postest yang diajarkan dengan menggunakan pemanfaatan perpustakaan sekolah sebesar 77,33. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t, dalam pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 8,547 lebih besar dari nilai ttabel dengan dk 29 sebesar 2,045 yang artinya pemanfaatan perpustakaan sekolah berpengaruh terhadap hasil pembelajaran menulis biografi Ha diterima. Berdasarkan uji hipotesis bahwa pemanfaatan perpustakan sekolah dapat dilaksanakan oleh guru dalam pembelajaran menulis biografi. Oleh karena itu, direkomendasikan kepada kepala sekolah agar melengkapi perlengkapan sarana yang ada, dengan demikian guru dan siswa dapat memanfaatkan perpustakaan sekolah sebagai sarana pembelajaran. Kata Kunci: menulis, biografi, manfaat perpustakaan sekolah

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 25 Sep 2021 04:30
Last Modified: 25 Sep 2021 04:30
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/332

Actions (login required)

View Item View Item