PENGARUH PENYEMPITAN JALAN TERHADAP KARAKTERISTIK LALU LINTAS STUDI KASUS JALAN PATTIMURA RUAS JALAN DEPAN KANTOR JEK TV

Rama Yoega Oetama, 1500822201136 (2022) PENGARUH PENYEMPITAN JALAN TERHADAP KARAKTERISTIK LALU LINTAS STUDI KASUS JALAN PATTIMURA RUAS JALAN DEPAN KANTOR JEK TV. skripsi thesis, Universitas BATANGHARI Jambi.

[img] Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text
11. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (PENGARUH PENYEMPITAN JALAN TERHADAP KARAKTERISTIK LALU LINTAS STUDI KASUS JALAN PATTIMURA RUAS JALAN DEPAN KANTOR JEK TV)
Rama Yoega Oetama 1500822201136.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Pada ruas jalan yang lalu lintasnya cukup sibuk tentu kondisi-kondisi seperti kemacetan yang diakibatkan berkurangnya daya tampung jalan karena adanya penyempitan pada jalur tertentu menyebabkan lalu lintas tidak stabil, saat kendaraan mulai memasuki jalan yang menyempit kecendrungannya adalah mengurangi kecepatan yang tentu akan mempengaruhi volume kendaraan yang melewati jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa volume maksimum, kepadatan ketika volume maksimum dan kecepatan ketika volume maksimum pada jalan yang menyempit berdasarkan metode Greenshield, berapa panjang antrian dan durasi antrian menggunakan analisa gelombang kejut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada jalan yang mengalami penyempitan diperoleh nilai volume maksimum atau kapasitas menurut metode Greenshield sebesar 1788,20 smp/jam, untuk kecepatan saat volume maksimum sebesar 25,49 km/jam, dan untuk kepadatan saat volume maksimum sebesar 70,16 smp/km. Berdasarkan kapasitas menurut Greenshield yang didapat pada jalan yang mengalami penyempitan menunjukkan bahwa jauh di bawah kapasitas pada kondisi jalan normal menurut MKJI, dimana untuk kapasitas jalan per lajur adalah 1591 smp/jam atau 3182 smp/jam untuk dua lajur dalam satu jalur penuh. Penulis menyarankan agar dilakukan survey di periode yang lebih lengkap guna memperoleh hasil yang lebih baik, perlu dilakukan studi yang lebih mendalam terdahap adanya pengaruh tambahan seperti hambatan samping dan fasilitas arah putar balik.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: kondisi jalan normal
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 04 Jun 2024 02:40
Last Modified: 04 Jun 2024 02:40
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3355

Actions (login required)

View Item View Item