NISA ULKHASANAH, 2000884202002 (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN COMPUTATIONAL THINKING BERBANTUAN SCRATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X FASE E SMA N 8 TANJUNG JABUNG TIMUR. skripsi thesis, UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI.
Text
01. COVER.pdf - Published Version Download (27kB) |
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (336kB) |
|
Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (76kB) |
|
Text
06. BAB I.pdf - Published Version Download (236kB) |
|
Text
10. BAB V.pdf - Published Version Download (135kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (157kB) |
|
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN COMPUTATIONAL THINKING BERBANTUAN SCRATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X FASE E SMA N 8 TANJUNG JABUNG TIMUR)
NISA ULKHASANAH 2000884202002.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang masih tergolong rendah. Pendekatan pembelajaran Computational Thinking berbantuan Scratch adalah suatu pendekatan pembelajaran baru yang diharapkan mampu untuk mengembangkan pengetahuan siswa dalam memecahkan masalah matematis dengan cara melatihkan siswa berpikir secara komputasi.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experimental tipe non- equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X Fase E SMAN 8 Tanjung Jabung Timur Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa yang diambil menggunakan teknik simple random sampling (teknik acak), sedangkan sampel penelitian yang terambil adalah kelas X Fase E1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas X Fase E3 sebagai kelas kontrol, dimana dua kelas sampel ini diberikan perlakuan yang berbeda. Instrrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes berbentuk essay Berdasarkan hasil analisis inferensial terdapat pengaruh yang cukup signifikan pembelajaran matematika dengan pendekatan computational thinking berbantuan scratch terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X fase E SMA N 8 Tanjung Jabung Timur. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji t independent sample pada rata - rata nilai pretest postest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan signifikan sebesar 0,169, dengan taraf signifikansi 0,05 (taraf kepercayaan 95%), diperoleh hasil uji t independent sample thitung > t-tabel (3,461 > 1,694), maka H0 berada dalam daerah penolakan, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, dan artinya terdapat pengaruh, diperkuat pada hasil uji N-Gain kelas eksperimen 0,7 kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol 0,6 dengan kategori sedang. Hasil uji effect size adalah 0,868 dengan kriteria ukuran pengaruh yang besar. Berdasarkan hasil akhir dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh dengan ukuran yang besar pada pembelajaran matematika dengan pendekatan Computational Thinking berbantuan Scratch terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, dan (2) terdapat peningkatan hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan kategori tinggi pada pembelajaran matematika dengan pendekatan Computational Thinking berbantuan Scratch.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Computational Thinking, Scratch |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Admin Repo |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 06:24 |
Last Modified: | 02 Nov 2024 01:58 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/3556 |
Actions (login required)
View Item |