PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 KOTA JAMBI

Dr. Zulyadaini, M.Pd., - (0001) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 KOTA JAMBI. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 KOTA JAMBI, 6 (1). pp. 1-7.

[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 KOTA JAMBI)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 KOTA JAMBI.pdf - Published Version

Download (679kB)
Official URL: https://phi.unbari.ac.id/index.php/phi/article/vie...

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang berbentuk Quarsi Eksperimental Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Kota Jambi Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Kota Jambi Tahun ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan random sampling sedangkan sampel penelitian yang terambil adalah kelas VIII A dan VIII B dimana keduanya diberi perlakuan yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan nilai rata-rata untuk kelas Eksperimen adalah 73,69 dan kelas Kontrol rata-ratanya adalah 66,58 dengan serta hasil uji Hipotesisnya diperoleh thitung sebesar 3,19 dan ttabel sebesar 1,67 pada taraf nyata 0,05. Dari perhitungan itu terlihat bahwa thitung lebih besar daripada ttabel maka H1 diterima,maka dapat disimpulkan adanya pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemecahan masalah. Selanjutnya untuk mengetahui besarnya pengaruh peneliti menggunakan nilai Cohen’s Effect Size yang didapat interprestasi 73% yang tergolong sedang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Model Pembelajaran Generatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 15 Oct 2025 06:50
Last Modified: 15 Oct 2025 06:50
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/4084

Actions (login required)

View Item View Item