PERENCANAAN JEMBATAN MERANGIN MENGGUNAKAN SISTEM BUSUR RANGKA

FITTO BINTANG ANUGRAH, 2100822201063 (2025) PERENCANAAN JEMBATAN MERANGIN MENGGUNAKAN SISTEM BUSUR RANGKA. skripsi thesis, Universitas Batanghari Jambi.

[img] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (169kB)
[img] Text
6. BAB I .pdf - Published Version

Download (349kB)
[img] Text
10. BAB V .pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Text (PERENCANAAN JEMBATAN MERANGIN MENGGUNAKAN SISTEM BUSUR RANGKA)
FITTO BINTANG ANUGRAH 2100822201063.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (33MB)

Abstract

Jembatan Merangin merupakan infrastruktur nasional yang berlokasi di Jl. Lintas Sumatra, Provinsi Jambi, Kabupaten Merangin yang dibangun pada masa kepemimpinan Presiden Soeharto dalam proyek pembangunan jalan lintas sumatra, lebih tepatnya Muarobungo sampai Sarolangun, pada April 1980. Dari rentang waktu dan pada kondisi tanggal 19 April 2025, jembatan ini tampak mengalami deformasi yang membuat jembatan melendut, namun masih beroperasi. maka dari itu, jembatan direncanakan menggunakan pelengkung dengan menggunakan sistem busur rangka. Perencanaan jembatan ini untuk pembebanan pada jembatan mengacu pada SNI 1725:2016, dan beban gempa jembatan SNI 2833:2016. Dalam menganalisis digunakan program bantu SAP 2000 v.22. Dari hasil analisis jembatan, maka digunakan baja profil box 1.000 x 1.000.25 mm untuk busur atas sementara untuk busur bawah profil box 1.150 x 1.150.25 mm. Penggantung (Hanger) yang digunakan adalah tipe tension rod dengan diameter 98 mm. Dari hasil Analisa yang dilakukan terjadi lendutan untuk kondisi beban kendaraan ditambah dengan beban mati dan beban mati tambahan sebesar 170,144 mm. Sementara untuk kombinasi beban kendaraan ditambah dengan beban hidup atau pejalan kaki terjadi lendutan pada jembatan sebesar 78,974 mm, walaupun demikian kedua kondisi tersebut telah memenuhi syarat untuk lendutan pada jembatan sesuai dengan pedoman persyaratan umum perencanaan jembatan, 2015.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jembatan Merangin, Jembatan Pelengkung, Sistem Busur Rangka, Deformasi Jembatan, Pembebanan Jembatan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 15 Dec 2025 02:03
Last Modified: 15 Dec 2025 02:03
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/4426

Actions (login required)

View Item View Item