PENGARUH STRATEGI THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI MIPA 4 SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2016/2017

RATNAWATI, RATNAWATI (2017) PENGARUH STRATEGI THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI MIPA 4 SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2016/2017. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
RATNAWATI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang pengaruh strategi think talk write dalam menulis cerpen pada siswa kelas XI SMA 3 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017. Materi pembelajaran menulis cerita pendek merupakan salah satu materi yang diajarkan pada siswa kelas XI. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan dianalisis secara deskriptif. Populasi yang menjadi unit analisis adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Kota Jambi sebanyak 37 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan pemberian tes. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif, menggunakan model statistik dan hasil analisisnya disajikan dalam bentuk angka dan dijelaskan dalam suatu uraian. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diperoleh nilai rata-rata post-tes yang setelah diajarkan dengan menggunakan strategi think talk write sebesar 78,24. Sedangkan nilai rata-rata pre-tes adalah 70,16. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t, dalam pengujian hipotesis diperoleh nilai t hitung sebesar 6,601 lebih besar dari nilai t dengan dk 35 sebesar 2,00 yang artinya H diterima. Dengan demikian strategi think talk write dapat digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email repository@unbari.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2020 15:06
Last Modified: 13 Jul 2020 15:06
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/46

Actions (login required)

View Item View Item