PENGARUH MODEL SUGESTI-IMAJINASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ANEKDOT SISWA KELAS X MIPA 3 SMA NEGERI 10 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2016/2017

DINA DWI SYAFITRI, DINA (2017) PENGARUH MODEL SUGESTI-IMAJINASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ANEKDOT SISWA KELAS X MIPA 3 SMA NEGERI 10 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2016/2017. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
DINA DWI SYAFITRI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model sugesti-imajinasi berpengaruh dalam pembelajaran menulis anekdot. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini adalah Pretest and Posttest Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 10 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Terdapat dua tes yang digunakan yaitu pretest (tes awal) dan posttest (tes akhir). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas untuk mencari hasil hipotesis. Hasil dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata posttest (tes akhir) sebesar 67,18 dan pretest (tes awal) memperoleh nilai rata-rata sebesar 58,59. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t bahwa diperoleh thitung sebesar 7,857 dan nilai ttabel diperoleh sebesar 2,353 berarti ini sesuai dengan kriteria pengujian maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian, dapat disimpulkan model sugesti-imajinasi berpengaruh dalam pembelajaran menulis anekdot siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 10 Kota Jambi tahun ajaran 2016/2017. Dengan demikian model sugesti-imajinasi dapat digunakan dalam pembelajaran menulis anekdot.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email repository@unbari.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2020 15:13
Last Modified: 13 Jul 2020 15:13
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/48

Actions (login required)

View Item View Item