LUCYANA, LUCYANA (2019) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPA (PEMINATAN) DI SMAN 9 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.
Text
Lucyana 1500887203008 PE.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Lucyana. 2019. Skripsi. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Learning Cycle Mata Pelajaran Ekonomoi Kelas XI IPA (Peminatan) Di SMAN 9 Kota Jambi. Dosen Pembimbing I : Dr. Mayasari, M.Pd ; Dosen Pembimbing II : Pratiwi Indah Sari, S.Pd, MM, M.Pd.E Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Model Pembelajaran Learning Cycle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penggunaan model pembelajaran yang diterapkan (model pembelajaran Learning Cycle dan Ceramah) pada mata pelajaran ekonomi dengan materi kebijakan pemerintah di bidang ekonomi pada siswa kelas IX IPA (Peminatan) SMAN 9 Kota Jambi. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, dimana sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yakni kelas kontrol ( XI IPA I = 34 siswa ) dan kelas eksperimen ( XI IPA II = 34 siswa ). Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas soal, uji reliabilitas soal, uji tingkat kesukaran, uji daya pembeda, uji kesukaran dua rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh analisis pada kelas kontrol (hasil pretest awal sebanyak 6 siswa yang lulus dan pada pretest akhir sebanyak 8 siswa yang lulus). Sementara, pada kelas eksperimen (hasil pretest awal sebanyak 8 siswa yang lulus dan pada pretest akhir sebanyak 15 siswa yang lulus dari KKM). Sedangkan, pada pos test kelas kontrol sebanyak 23 siswa yang tidak lulus dari KKM (67,65%), dan hanya 11 siswa yang lulus dari KKM (32,35%), dan pada post test kelas eksperimen siswa yang memiliki nilai dibawah KKM 8 siswa (23,53%) dan di atas KKM 26 siswa (76,47%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa, dan membantu siswa lebih terfokus dalam belajar disbanding dengan model pembelajaran ceramah. Karena pada saat proses belajar mengajar berlengsung lebih terpusat pada peran siswa dan tidak di dominasi oleh peran guru, berbeda dengan model pembelajaran ceramah dimana guru yang berperan aktif apada saat pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Admin Repo |
Date Deposited: | 06 Oct 2021 08:07 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 08:07 |
URI: | http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/644 |
Actions (login required)
View Item |