PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED NUMBERED HEADS DAN TIPE BERTUKAR PASANGAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X IPS SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI

DWI RAHMA YANI, DWI RAHMA YANI (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED NUMBERED HEADS DAN TIPE BERTUKAR PASANGAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X IPS SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
Dwi Rahmayani 1500887203023 PE.pdf

Download (707kB)

Abstract

ABSTRAK Yani, Dwi Rahma. 2019. Skripsi. Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperati Tipe Structured Numbered Heads dan Tipe Bertukar Pasangan pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X IPS SMA Negeri 1 Kota Jambi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Batanghari, Pembimbing I : Lili Andriani S,Pd, MM. Pembimbing II : Diliza Afrila, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Structured Numbered Heads, Tipe Bertukar Pasangan, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X IPS SMA Negeri 1 Kota Jambi yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Structured Numbered Haeds, (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X IPS SMA Negeri 1 Kota Jambi yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan, (3) Perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X IPS di SMA Negeri 1 Kota Jambi yang diajar mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Structured Numbered Heads dan tipe bertukar pasangan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Jumlah populasi pada penelitian adalah 104 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling, sehinga terpilih 36 orang siswa kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol dan 32 orang siswa kelas X IPS 3 sebagai kelas ekperimen. Teknik pengumpulan data pada pada penelitian ini adalah dengan menyebarkan soal kepada responden penelitian serta dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah Uji t dengan menggunakan program SPSS for Windows Version 16. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Structured Numbered Heads memperoleh rata-rata hitung (mean) sebesar 83,26, (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi yang diajar dengan menggunakaan model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan memperoleh rata-rata hitung (mean) sebesar 91,64, dan (3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Structured Numbered Heads, dengan Sig. 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 07 Oct 2021 03:02
Last Modified: 07 Oct 2021 03:02
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/649

Actions (login required)

View Item View Item