PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RELATING, EXPRIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING (REACT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VII SMPN 06 KOTA JAMBI Ditulis Untuk Memenuhi Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Oleh : NOFIA RUKIANTI 1500884202001 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI 2019

NOFIA RUKIANTI, NOFIA RUKIANTI (2019) PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RELATING, EXPRIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING (REACT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VII SMPN 06 KOTA JAMBI Ditulis Untuk Memenuhi Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Oleh : NOFIA RUKIANTI 1500884202001 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI 2019. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
Novia Rukianti 1500884202001 PM.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Rukianti, Nofia. 2019. Perbandingan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) Dan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 06 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Batanghari Jambi, Pembimbing (1) Drs. H. Harman, M.Pd (II) Silvia Fitriani, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Berfikir Kreatif Matematis, Model Pembelajaran REACT, Model Pembelajaran PBL. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran matematika pada kelas VII SMP Negeri 06 Kota Jambi yaitu rendahnya kemampuan berfikir kreatif matematis siswa. Rendahnya kemampuan berfikir kreatif matematis siswa tersebut tentu banyak faktor yang menyebabkannya, misalnya dalam menjawab soal siswa hanya menuliskan cara yang sama persis dengan yang diajarkan guru tanpa mencoba alternativ cara yang lain sehingga cara berfikir kreatif matematis siswa rendah. Hal ini menunjukan bahwa siswa hanya mengikuti prosedur yang diajarkan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan berfikir kreatif matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) lebih baik dari pada kemampuan berfikir kreatif matematis siswa dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada kelas VII SMP Negeri 06 Kota Jambi tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 380 siswa. Sedangkan sampel kelas VII F dan VII H, instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis pada materi garis dan sudut. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan berfikir kreatif matematis kelas eksperimen adalah 64.852 dengan simpangan baku 10.702 dan nilai rata-rata kemampuan berfikir kreatif matematis siswa kelas kontrol 58.4 dengan simpangan baku 10.844, serta hasil dari uji hipotesis diperoleh thitung 2.567 dan ttabel 1.672 pada taraf nyata 0.05, dari hasil perhitungan tersebut terlihat bahwa thitung lebih besar dari ttabel dengan demikian H1 diterima artinya kemampuan berfikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran REACT lebih baik daripada kemampuan berfikir kreatif matematis melalui model pembelajaran PBL.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 07 Oct 2021 03:34
Last Modified: 07 Oct 2021 03:34
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/651

Actions (login required)

View Item View Item