PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VII MTS N 2 KOTA JAMBI

MUTHIA MUTHMAINNAH, MUTHIA MUTHMAINNAH (2019) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VII MTS N 2 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
Muthia Muthmainnah 150088202006 PM.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Muthmainnah, Muthia. Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas VII MTS N 2 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Batanghari Jambi, Pembimbing (1) Dr. Zulyadaini, M.Pd (II) Ayu Yarmayani, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran matematika pada kelas VII MTS Negeri 02 Kota Jambi yaitu rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa tersebut tentu banyak faktor yang menyebabkannya, misalnya dalam menjawab soal siswa hanya menuliskan cara yang sama persis dengan yang diajarkan guru. Hal ini menunjukan bahwa siswa hanya mengikuti prosedur yang diajarkan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada kelas VII MTS Negeri 02 Kota Jambi tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 260 siswa. Sedangkan sampel kelas VII E dan VII F, instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis pada materi segiempat. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis kelas eksperimen adalah 68,98 dengan simpangan baku 15,63 dan nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas kontrol 54,37 dengan simpangan baku 15,76, serta hasil dari uji hipotesis diperoleh thitung 7,56 dan ttabel 1.672 pada taraf nyata 0.05, dari hasil perhitungan tersebut terlihat bahwa thitung lebih besar dari ttabel dengan demikian H1 diterima dan model pembelajaran tipe Group Inveatigation (GI) ini lebih tinggi dari pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:26
Last Modified: 07 Oct 2021 04:26
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/655

Actions (login required)

View Item View Item