PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 KOTA JAM

ROSA SAFITRI, ROSA SAFITRI (2019) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 KOTA JAM. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
Rosdalia B.17031030 Mh ( sudah ).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Safitri, Rosa. 2019. Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dan Pendekatan Saintifik Pada Kelas VII SMP Negeri 9 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Batanghari Jambi, Pembimbing (1) Drs. Harman, M.Pd (II) Silvia Fitriani, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Pendekatan Saintifik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran matematika pada kelas VII SMP Negeri 09 Kota Jambi yaitu rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa tersebut tentu banyak faktor yang menyebabkannya, misalnya dalam menjawab soal siswa hanya menuliskan cara yang sama persis dengan yang diajarkan guru. Hal ini menunjukan bahwa siswa hanya mengikuti prosedur yang diajarkan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan Pendekatan Saintifik pada kelas VII SMP Negeri 9 Kota Jambi tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 260 siswa. Sedangkan sampel kelas VII F dan VII G, instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis pada materi garis dan sudut. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis kelas eksperimen adalah 68,98 dengan simpangan baku 15,63 dan nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas kontrol 54,37 dengan simpangan baku 15,76, serta hasil dari uji hipotesis diperoleh thitung 7,56 dan ttabel 1.672 pada taraf nyata 0.05, dari hasil perhitungan tersebut terlihat bahwa thitung lebih besar dari ttabel dengan demikian H1

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:40
Last Modified: 07 Oct 2021 04:40
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/656

Actions (login required)

View Item View Item