KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIPS

HEDDIDAYANI MANALU, HEDDIDAYANI MANALU (2019) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIPS. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
Heddidayani Manalu 1500884202016 PM.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Manalu, Heddidayani. 2019. Skripsi. Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Laki-Laki dan Perempuan Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change And Relationships. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Risma Simamora, M.Pd (II) Akhmad Faisal Hidayat, M.Pd. Kata Kunci: Penalaran Matematis Laki-Laki dan Perempuan, Change And Relationships, PISA. Matematika berperan sebagai sarana untuk melatih cara berpikir, bernalar, menarik kesimpulan serta mengembangkan kemampuan memecahkan masalah, baik masalah dalam matematika itu sendiri, ataupun bidang lain, maupun masalah dalam kehidupan sehari-hari. Sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika dan proses pendidikan matematika tampak bahwa penalaran merupakan kemampuan yang perlu dimiliki oleh siswa. kemampuan penalaran matematis setiap anak pasti berbeda antar satu anak dengan anak lainnya. terutama antara siswa laki-laki dan perempuan. Untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa laki-laki dan perempuan, diperlukan soal yang kemampuan penalaran matematis yang cukup tinggi dalam menyelesaikannya soal PISA salah satunya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan analisis deskriptif, yaitu penelitian yang digunakan untuk meneliti pada populasi dan sampel tertentu. Dalam penelitian ini populasi yang peneliti ambil adalah seluruh siswa kelas XI MIPA 3 SMA N 3 Kota Jambi. tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa laki-laki dan perempuan dalam mengerjakan soal PISA berdasarkan indikator kemampuan penalaran. Hasil penelitian yang diproleh

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 09 Oct 2021 03:17
Last Modified: 09 Oct 2021 03:17
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/723

Actions (login required)

View Item View Item