PERBEDAAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA YANG DIBELAJARKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 9 KOTA JAMBI

M A R Y A N A, M A R Y A N A (2019) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA YANG DIBELAJARKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 9 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
Maryana 1500884202017 PM.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Maryana. 2019. Perbedaan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Yang Dibelajarkan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Number Head Together (NHT) dan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 9 Kota Jambi: Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. FKIP Universitas Batanghari, Pembimbing: (I) Ayu Yarmayani, M.Pd, Pembimbing:(II) Relawati, M. Pd. Kata kunci : kemampuan berfikir kritis, model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Number Head Together (NHT), model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kritis siswa kelas XI MIA SMA Negeri 9 Kota Jambi. Hal ini dikarenakan guru bidang studi matematikanya kurang maksimal dalam menerapkan model pembelajaran. Oleh sebab itu peneliti menerpakan model pembelajaran Cooperative Leaning Tipe Number Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berfikiri kritis siswa kelas XI MIA SMA Negeri 9 Kota Jambi yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Number Head Together (NHT) dengan model Pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental dengan desain The Randomized Posttest Only Control yang dilakukan terhadap 2 kelas sampel yang diberikan perlakuan berbeda. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas XI MIA 2 dan kelas XI MIA 3. Data penelitian diperoleh dengan memberikan postest kepada kedua kelas sampel. Setelah hasil postest diperoleh, data analisis untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uj-t. Rata-rata dan simpangan baku yang diperoleh kelas eksperimen adalah 74,3 dan 7,79 dan kelas kontrol adalah 66,1 dan 7.51. Dari analisis yang telah dilakukan terhadap postest dapat disimpulkan bahwa kemampuan berfikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Number Head Together (NHT) terdapat perbedaan dengan model pembelajaran Discovery Learning.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 09 Oct 2021 03:29
Last Modified: 09 Oct 2021 03:29
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/724

Actions (login required)

View Item View Item