PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 14 KOTA JAMBI

IDA ROMA TUA PARDOSI, IDA ROMA TUA PARDOSI (2019) PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 14 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
Ida Roma Tua P 1500884202024 PM.pdf

Download (888kB)

Abstract

ABSTRAK Pardosi,Ida. 2019. Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Kesiapan Belajar terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa kelas VIII SMPN 14 Kota jambi; Skripsi, Prodi Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas batanghari jambi, Pembimbing (I) Dr. Buyung, M.Pd (II) Relawati, M.Pd Kata Kunci : Pengaruh, Kecerdasan Logis Matematis, Kesiapan Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) adakah pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi, 2) adakah pengaruh kesiapan belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi, dan 3) adakah pengaruh kecerdasan logis matematis dan kesiapan belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi, sedangkan sampel yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling adalah siswa kelas VIII A, VIII B, dan VIII D yang berjumlah 103 orang. Pemgumpulan data menggunakan tes kecerdasan logis matematis sebanyak 4 item soal, angket kesiapan belajar sebanyak 24 item pernyataan, dan tes kemampuan penalaran matematis sebanyak 3 item soal. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Jambi dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,39,sehingga termasuk dalam kategori lemah, 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar terdapat kemampuan penalaran matematis siswa keals VIII SMPN 14 Kota Jambi dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,205, sehingga termasuk dalam kategori lemah, dan 3) terdapat pengaruh kecerdasan logis matematis dan kesiapan belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Jambi dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,419, sehingga termasuk dalam ketgori sedang. Kecerdasan logis matematis dan kesiapan belajar berpengaruh sebanyak 18% terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi sedangkan selebihnya 82% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 09 Oct 2021 04:07
Last Modified: 09 Oct 2021 04:07
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/726

Actions (login required)

View Item View Item