PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS AURORA 3D PRESENTATION MATERI GEOMETRI DIKELAS XI TBG SMK NEGERI 4 KOTA JAMBI

TIYA MARSYA, TIYA MARSYA (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS AURORA 3D PRESENTATION MATERI GEOMETRI DIKELAS XI TBG SMK NEGERI 4 KOTA JAMBI. skripsi thesis, Universitas Batanghari.

[img] Text
Tiya Marsya 1500884202027 PM.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Marsya, Tiya. 2019. Skripsi. Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Aurora 3D Materi Geometri Kelas XI TBG SMK Negeri 4 Kota Jambi: Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. FKIP Universitas Batanghari Jambi. Pembimbing (I) Dr. Buyung, M.Pd (II) Silvia Fitriani, M.Pd. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran,Video, Aurora 3D Presentation, Geometri, ADIIE. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika pada materi geometri menggunakan software Aurora 3D untuk siswa kelas XI SMK dan mengetahui kualitas media pembelajaranut berdasarkan aspek kevalidan, aspek kepraktisan, dan aspek keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Validasi dilakukan oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, dan 1 orang ahli desain pembelajaran. Media pembelajaran yang dikembangkan di ujicobakan dalam 3 tahap, yaitu tahap perorangan dengan subjek 3 orang siswa, tahap uji coba kelompok kecil dengan subjek 8 orang siswa, dan tahap uji coba lapangan dengan 25 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) ahli materi diperoleh rata-rata 4.2 yang termasuk dalam kategori Sangat baik, jika dipersentasekan mendapat nilai 85% sehingga termasuk dalam kategori Layak, 2) ahli media diperoleh rata-rata 3.9 yang termasuk dalam kategori baik, jika dipersentasekan mendapat nilai 78% sehingga termasuk dalam kategori Layak, dan 3) ahli desain pembelajaran diperoleh rata-rata 3.9 yang termasuk dalam kategori Baik jika dipersentasekan mendapat nilai 78% sehingga termasuk dalam kategori Layak. Penilaian oleh siswa dilakukan dalam 3 tahap: 1) uji coba perorangan diperoleh total rata-rata 4.4 termasuk dalam kategori Sangat baik jika dipersentasekan mendapar nilai 88% sehingga termasuk dalam kategori Sangat layak, 2) uji coba kelompok kecil diperoleh total rata-rata 4.4 yang termasuk dalam kategori Sangat baik jika dipersentasekan 88% sehingga termasuk kategori Sangat layak, dan 3) uji coba lapangan diperoleh rata-rata 3.7 yang termasuk dalam kategori Baik jika dipersentasekan 74% sehingga termasuk kategori Layak. Untuk melihat aspek keefektifan dilakukan uji pre-test dan post-test diperoleh 26.99>3.03 sehingga media ini efektif untuk digunakan. Dengan demikian media pembelajaran menggunakan Aurora 3D Presentation berbasis pendekatan matematika realistik ini dinyatakan valid, praktis dan efektif sehingga layak digunakan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Admin Repo
Date Deposited: 09 Oct 2021 04:16
Last Modified: 09 Oct 2021 04:16
URI: http://repository.unbari.ac.id/id/eprint/727

Actions (login required)

View Item View Item